Ingin Bersepeda? Ketahui Manfaatnya untuk Tubuh

Kompas.com - 11/06/2020, 14:22 WIB
Ilustrasi bersepeda untuk bekerja. ShutterstockIlustrasi bersepeda untuk bekerja.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pada dasarnya, sepeda merupakan salah satu kendaraan manual ramah lingkungan yang menggunakan tenaga manusia untuk menjalankannya.

Dengan menggunakan sepeda, kita dapat berjalan-jalan dan berkeliling sambil menikmati pemandangan sekitar. Tidak heran anak-anak dan para orang tua juga gemar melakukannya karena bersepeda memang sangat menyenangkan.

Akan tetapi, tidak hanya sebagai sarana bermain dan rekreasi, bersepeda juga dapat menyehatkan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat bersepeda yang bisa kita dapatkan.

1. Meningkatkan kesehatan mental

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gaya hidup aktif secara fisik, memiliki kadar kebugaran 32 % lebih tinggi daripada orang yang tidak aktif.

Dalam hal ini, gaya hidup aktif dapat berupa melakukan beragam olahraga, termasuk di dalamnya bersepeda.

Dengan berolahraga, seseorang akan dapat meningkatkan suasana hati karena adanya pelepasan hormon adrenalin dan endorfin.

Selain itu, dengan berolahraga, rasa kepercayaan diri juga akan ikut meningkat dengan adanya pencapaian target yang dibuat, misalnya saat berhasil bersepeda 10 kilometer.

Selain itu, melakukan latihan fisik di luar ruangan akan membangun suasana hati yang berbeda dengan adanya pemandangan baru.

Kita juga dapat bersepeda sendiri atau berkelompok. Keduanya memberikan manfaat yang berbeda satu sama lain.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X