Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2020, 14:25 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com—Susah buang air besar (BAB) atau konstipasi dialami oleh banyak orang. Seringkali kita bahkan harus menghabiskan waktu lebih lama di toilet karena masalah ini. 

Ada banyak alasan mengapa terjadi konstipasi. Kemungkinannya adalah karena kurang olahraga, terlalu sering makan junk food, dan kurang mengonsumsi serat

Walau kita bisa mengonsumsi obat pencahar, namun konsumsi obat inierlalu sering hanya akan memperpanjang rasa mulas yang akan dirasakan.

Memperbaiki pola makan pada umumnya bisa mengatasi rasa sembelit secepatnya. Mulailah mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti oat atau pun sayuran dan buah.

Sementara ada banyak pilihan makanan sehat yang dapat membantu meringankan sembelit, brokoli bisa menjadi salah satu jawaban dari masalah susah buang air besar.

Brokoli mengandung serat makanan yang sangat baik bagi mereka yang menderita masalah pencernaan.

Baca juga: Kenali Gejala Sembelit pada Anak dan Cara Mengatasinya

 

Brokoli termasuk karbohidrat nabati yang tidak dapat dicerna oleh tubuh kita, tapi serat yang terkandung di dalam brokoli akan membuat proses pencernaan lebih mudah serta membiarkannya melewati usus dengan lebih mudah.

Selain itu, serat juga membantumu merasa kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

Tak hanya itu, brokoli juga dipenuhi dengan sifat-sifat antibakteri, fitokimia dan antioksidan yang dapat mencegah segala macam infeksi bakteri dan penyakit.

Sementara sayuran itu sendiri juga merupakan sumber vitamin C yang bagus, yang memainkan peran besar dalam memastikan bahwa sistem kekebalan dan kesehatan kita secara normal.

Baca juga: Tekan Risiko Kanker Usus dengan Santapan Kale dan Brokoli...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com