Kompas.com - 11/06/2020, 16:21 WIB
Ilustrasi anggrek shutterstockIlustrasi anggrek
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sejak dahulu, bunga anggrek dipercaya memiliki beragam manfaat, mulai dari digunakan sebagai obat hingga untuk memperkaya rasa dalam masakan.

Tiongkok telah menggunakan bunga anggrek dalam pengobatan herbal tradisional mereka. Bunga ini bahkan dianggap mewakili kesuburan dan banyak dimanfaatkan sebagai pelengkap hidangan, misalnya untuk hidangan kambing atau ayam, serta penambah aroma sup.

Sedangkan dalam budaya Yunani kuno, bunga anggrek digunakan sebagai bahan obat dan difungsikan sebagai afrodisiak, yaitu zat kimia yang dapat meningkatkan gairah seksual seseorang.

Meski demikian, sayangnya masih belum ada penelitian yang dapat menunjukkan secara pasti manfaat bunga anggrek dalam pengobatan.

Bahkan hingga saat ini, belum tersedia informasi atau penelitian yang cukup mengenai keamanan interaksi penggunaannya dengan obat-obatan yang lain.

Manfaat bunga anggrek

Meski masih belum ada penelitian yang dapat menunjukkan manfaat bunga anggrek sebagai obat atau bahan makanan, masih ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan dari bunga anggrek.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bunga anggrek yang menarik untuk diketahui.

1. Meredakan stres

Bunga anggrek dapat membantu seseorang merasa lebih tenang dan mengurangi stres. Agar  merasa lebih rileks selama berada di rumah, cobalah untuk mendekorasi rumah dengan bunga anggrek.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X