Kompas.com - 11/06/2020, 22:49 WIB
Ilustrasi penggunaan hand sanitizer untuk cegah penularan virus. TirachardzIlustrasi penggunaan hand sanitizer untuk cegah penularan virus.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com-  Kemunculan penyakit virus corona atau Covid-19 di berbagai penjuru dunia, membuat kebutuhan hand sanitizer meningkat. Alhasil, banyak toko-toko yang sudah kehabisan hand sanitizer karena diborong oleh banyak orang.

Keadaan ini memaksa sebagian masyarakat untuk memproduksi hand sanitizer sendiri, walaupun mereka masih “asing” terhadap cara pembuatannya. Lantas, hal ini menimbulkan pertanyaan, “Apakah hand sanitizer buatan sendiri aman digunakan?”.

Melalui selebaran resmi, badan kesehatan dunia, World Health Organization (WHO) memberikan panduan untuk menciptakan hand sanitizer, beserta bahan-bahan yang diperlukan.

Di antara bahan-bahan itu, terdapat etanol, isopropil alkohol, hidrogen peroksida, gliserin, hingga air steril. WHO juga memberikan takaran yang tepat untuk setiap bahan-bahan tersebut.

WHO pun merekomendasikan dua resep pembuatan hand sanitizer, baik dengan bahan etanol ataupun isopropil alkohol.

1. Etanol

Etanol sebenarnya adalah jenis alkohol dengan formula kimia C2 H6 O. Etanol adalah bahan kimia umum yang sering dipakai untuk produk kosmetik dan kecantikan. Bahkan, banyak produk hand sanitizer yang menggunakan etanol karena dianggap bisa membunuh mikroorganisme seperti virus, bakteri, dan jamur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Isopropil alkohol

Sama seperti etanol, isopropil alkohol juga sering ditemukan dalam produk kosmetik dan kecantikan. Keberadaannya bisa menghambat infeksi bakteri di kulit. Tidak hanya itu, mengoleskan isopropil alkohol ke kulit disebut juga bisa meredakan nyeri otot.

3. Gliserin

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.