Kompas.com - 12/06/2020, 07:42 WIB
. iStockphoto.

KOMPAS.com - Dalam kehidupan modern, banyak orang melakukan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu.

Meski terdengar efisien, namun ternyata kebiasaan ini bisa mengganggu kesehatan jangka panjang. Kebiasaantersebut sering dikenal dengan istilah multitasking.

Multitasking bisa seperti dua sisi koin. Ketika melakukan sejumlah pekerjaan dalam satu waktu, seseorang cenderung akan lupa berolahraga, makan tepat waktu, dan memilih camilan tidak sehat.

Baca juga: Otak Wanita Bereaksi Lebih Cepat Saat Multitasking

Tumpukan pekerjaan seringkali juga membuat mereka membaca, berselancar di internet, atau mengurus masalah pekerjaan sambil makan.

Kondisi tersebut kerap membuat mereka berakhir dengan makan berlebih.

Ketika kita makan lebih banyak kalori, dan kelebihan kalori tersebut tidak dibakar lewat olahraga, kalori akan disimpan menjadi lemak.

Sebuah studi yang dipublikasikan di Braim Imaging and Behavior menemukan, orang yang sering multitasking cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi, daripada mereka yang tidak melakuan multitasking.

Baca juga: Bekerja Multitasking Justru Hambat Produktivitas

Penelitian ini juga menemukan, ketika foto-foto makanan yang menggemukkan ditunjukkan pada orang-orang yang sering multitasking, aktivitas otak mereka menjadi lebih besar.

Di saat bersamaan, ada aktivitas otak yang lebih rendah di bagian otak yang mengatur soal kontrol diri.

Di samping itu, multitasking menyebabkan otak terkuras setelah beberapa saat, sehingga kita tidak dapat fokus pada area lain dalam hidup.

Halaman:


Sumber Pinkvilla
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X