Kompas.com - 12/06/2020, 10:41 WIB
Ilustrasi tanaman dalam ruangan shutterstockIlustrasi tanaman dalam ruangan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tak hanya mempercantik ruangan, deretan tanaman di dalam atau sekitar rumah, juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Penelitian menyebutkan, tanaman penghasil oksigen seperti lili paris, sirih gading hingga krisan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan seperti membersihkan udara dari racun penyebab risiko stroke, kanker dan penyakit jantung, hingga gangguan pernapasan.

Tanaman penghasil oksigen ini selain “membersihkan udara”, tentu saja bisa menjadi pemanis di rumah, apartemen, bahkan tempat kos sekalipun. Lalu apa saja tanaman yang bisa dipilih?

1. Lili Paris

IlustrasiShutterstock Ilustrasi
Tanaman penghasil oksigen yang pertama yaitu lili Paris (Chlorophytum comosum) atau yang dikenal pula sebagai tanaman laba-laba (spider plant).

Tanaman hias asal Afrika Selatan ini dikenal dengan daun hijaunya yang berbentuk ramping serupa pedang. Daunnya yang cantik, melengkung dengan anggun berhiaskan warna putih di tepinya.

Tak sulit untuk merawat lili Paris. Tanaman hias yang dapat diletakkan di segala sudut ruangan ini hanya perlu disiram 2 kali dalam seminggu.

Selain menghasilkan oksigen, manfaat lili Paris lainnya yaitu menghilangkan racun formaldehida dan xylene yang berasal dari cat dinding serta furnitur.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Debu dalam Rumah

2. Dracaena

Dracaenashutterstock Dracaena
Dracaena merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen terbaik yang dapat membersihkan udara lebih efektif ketimbang tanaman lainnya.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X