Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 04/12/2022, 06:12 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Tak hanya mempercantik ruangan, deretan tanaman di dalam atau sekitar rumah, juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Penelitian menyebutkan, tanaman penghasil oksigen seperti lili paris, sirih gading hingga krisan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan seperti membersihkan udara dari racun penyebab risiko stroke, kanker dan penyakit jantung, hingga gangguan pernapasan.

Tanaman penghasil oksigen ini selain “membersihkan udara”, tentu saja bisa menjadi pemanis di rumah, apartemen, bahkan tempat kos sekalipun. Lalu apa saja tanaman yang bisa dipilih?

1. Lili Paris

IlustrasiShutterstock Ilustrasi
Tanaman penghasil oksigen yang pertama yaitu lili Paris (Chlorophytum comosum) atau yang dikenal pula sebagai tanaman laba-laba (spider plant).

Tanaman hias asal Afrika Selatan ini dikenal dengan daun hijaunya yang berbentuk ramping serupa pedang. Daunnya yang cantik, melengkung dengan anggun berhiaskan warna putih di tepinya.

Tak sulit untuk merawat lili Paris. Tanaman hias yang dapat diletakkan di segala sudut ruangan ini hanya perlu disiram 2 kali dalam seminggu.

Selain menghasilkan oksigen, manfaat lili Paris lainnya yaitu menghilangkan racun formaldehida dan xylene yang berasal dari cat dinding serta furnitur.

Baca juga: 10 Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Debu dalam Rumah

2. Dracaena

Dracaenashutterstock Dracaena
Dracaena merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen terbaik yang dapat membersihkan udara lebih efektif ketimbang tanaman lainnya.

Selain menghasilkan oksigen, tanaman ini juga berfungsi mengontrol kadar kelembapan dalam ruangan. Sejumlah penelitian juga menyebutkan dracaena dapat meningkatkan suasana hati orang-orang yang berada di sekitarnya.

Kemampuan dracaena dalam membersihkan udara juga sanggup melenyapkan paparan zat kimia berbahaya seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, dan trichloroethylene.

3. Sirih gading

Ilustrasi sirih gadingshutterstock Ilustrasi sirih gading
Sirih gading atau Epipremnum aureum merupakan tanaman hias yang dapat tumbuh dengan menggunakan medium tanah maupun air. Tanaman penghasil oksigen ini dapat mempercantik setiap sudut ruangan dengan rumbai daun hijau kekuningannya yang khas.

Khasiat sirih gading untuk membersihkan udara bermanfaat untuk menghilangkan racun seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, dan karbon monoksida.

Baca juga: Kurangi Polusi dengan Tanaman Dalam Ruangan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com