Kompas.com - 12/06/2020, 23:02 WIB
Ilustrasi vagina BarabasaIlustrasi vagina
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Area vagina pada wanita mudah lembap, sehingga risiko menjadi berbau pun cukup tinggi. Tentu ini akan mengganggu rasa percaya diri Anda terutama ketika harus berhadapan dengan pasangan saat di ranjang.

Beruntung, ada banyak cara yang bisa dicoba untuk menjaga vagina wangi sepanjang hari. Namun ingat, vagina yang wangi bukan berarti bisa beraroma seperti parfum.

Secara alami, bagian genital wanita ini sudah memiliki wangi khasnya sendiri dan Anda cukup mencegah timbulnya bau tidak sedap yang mungkin timbul secara berlebihan, apabila kebersihan vagina tidak dijaga.

Meski secara alami vagina memiliki wangi yang khas, Anda tetap perlu menjaga kebersihan dan kesehatan vagina agar tidak muncul bau tidak sedap yang mengganggu. Berikut ini tips yang bisa dilakukan agar bisa memiliki vagina yang wangi.

1. Menjaga kebersihan vagina

Kunci utama untuk mendapatkan vagina yang wangi adalah dengan menjaga kebersihannya. Anda bisa melakukannya dengan cara sederhana, yaitu membersihkannya 1-2 kali sehari saat mandi menggunakan air hangat dan sabun berbahan lembut tanpa pewangi.

Ingat, hanya gunakan sabun di area luar vagina yang disebut vulva. Jangan gunakan sabun langsung di dalam vagina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pastikan tidak menggunakan air yang terlalu panas dan membilas sabun hingga benar-benar bersih. Setelah itu, keringkan area genital Anda menggunakan handuk berbahan lembut hingga benar-benar kering.

Saat sedang haid, pastikan mengganti pembalut atau tampon yang diganti sesering mungkin.

Baca juga: Cara Ajari Anak Perempuan soal Jaga Kebersihan Vagina

2. Menggunakan produk pewangi, namun hanya di bagian luar

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X