Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2020, 17:09 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam masa new normal ini beberapa sektor industri sudah dapat beroperasi kembali secara terbatas.

Hal itu menyusul penerapan fase transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan dijalankan. Dan, salah satu industri yang menunjukkan kesiapannya adalah salon.

Protokol pencegahan Covid-19 bagi usaha salon telah disusun pemerintah atas masukan dari Kementrian Kesehatan, Komunitas Industri dan Pengusaha Salon beserta PT. L'Oreal Indonesia.

Dari sekian banyak salon di Jakarta, Alfons & Haircode Salon termasuk yang siap beroperasi secara terbatas pada 15 Juni mendatang.

"Kami akan lakukan sosialisasi protokol pencegahan Covid-19 kepada seluruh karyawan. Mereka akan menjalani training virtual lewat zoom meeting, dan training offline berupa simulasi dan roleplay di akademi kita."

Begitu kata Rina Rengganis, General Manager Alfons & Haircode Salon.

"Kita briefing mengenai semua aturan protokol kepada karyawan berkaitan pembukaan salon di masa transisi. Akan ada pula screening dan rapid test untuk setiap karyawan."

Rina melanjutkan, karena anjuran protokol pencegahan Covid-19, jumlah karyawan yang bekerja di Alfons & Haircode Salon juga akan dibatasi.

"Jumlahnya kita batasi menjadi sekitar 50 persen karyawan. Dan mereka akan menandatangani pakta integritas untuk menaati protokol ini," tutur dia.

Salon di Jakarta Siap Beroperasi 15 Juni 2020.Dok LOreal Professionnel Salon di Jakarta Siap Beroperasi 15 Juni 2020.
Sedangkan bagi konsumen, kata Rina, pihak Alfons & Haircode Salon akan membagikan video protokol pencegahan Covid-19 melalui sosial media dan webinar, serta banner yang terpampang di depan salon.

Baca juga: Seperti Apakah Aturan Normal Baru di Salon?

"Konsumen yang ingin datang ke salon kami harus melakukan reservasi terlebih dahulu ke Whatsapp Business kami, karena konsumen akan mengisi form penilaian risiko Covid-19," ujarnya.

Setelah tiba di Alfons & Haircode Salon, suhu tubuh setiap konsumen akan diperiksa (maksimal 37,3 derajat Celcius), dan diberi stiker penanda suhu tubuh, Rina menjelaskan.

"Kami juga menyediakan hand sanitizer yang menggunakan pedal di bagian depan salon, sehingga pelanggan tidak perlu menyentuhnya dengan tangan," kata dia.

"Setiap bangku disemprot disinfektan. Para karyawan akan mencuci tangan sebelum berkonsultasi dengan pelanggan. Alat kerja disemprotkan alkohol 70 persen dan itu dilakukan karyawan kami di depan pelanggan."

Namun, pihak Alfons & Haircode Salon tidak melakukan protokol disinfektan yang disemprotkan ke tubuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com