Kompas.com - 13/06/2020, 17:56 WIB
Rambut berminyak SHUTTERSTOCK/ GBALLGIGGSPHOTORambut berminyak

KOMPAS.com - Bukan hanya di wajah, minyak di kulit kepala juga bisa sangat mengganggu. Rasanya seperti ada bekas tumpahan minyak yang tak kunjung hilang, tak peduli seberapa sering kamu mencucinya.

Tapi bisa jadi, minyak di kulit kepala semakin banyak karena kamu terlalu sering mencuci rambut.

Kulit kepala bekerja dengan cara yang sama seperti kulit wajah menghilangkan minyak alami, dan ia membutuhkan minyak alami ini, agar tetap sehat dan menjaga kadar minyaknya seimbang.

Jika kamu berusaha melepaskan minyak alami dari kulit kepala, kulit kepala akan menggantinya dengan memproduksi lebih banyak minyak, sehingga menyebabkan kulit kepala yang semakin berminyak.

Baca juga: Lakukan 5 Perubahan Sederhana agar Rambut Lebih Kuat

Tapi itu bukan berarti kamu tak perlu mencucinya sama sekali, karena penumpukan minyak juga akan membuat akar rambut berminyak dan rambut menjadi lepek.

Berikut enam tips yang bisa kamu lakukan, agar kulit kepala tidak terlalu berminyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Cuci rambut setiap dua hari sekali

Bagi kamu yang selalu mencuci rambut setiap hari, mungkin menjadi tantangan besar untuk menahan diri tak mencuci rambut, terutama saat cuaca panas dan lembap.

Namun, tak mencuci rambut setiap hari akan membantu kulit kepala tak terlalu kering, sehingga tidak memproduksi minyak berlebih.

Dan ingat, hanya satu pompa sampo yang dibutuhkan setiap kali mencuci rambut. Menggunakan terlalu banyak sampo membuat rambut kering, sama dengan mencuci rambut terlalu sering.

Oleskan sampo hanya pada kulit kepala, bukan pada helai rambut. Saat mencucinya, busa secara alami akan membersihkan kotoran di kulit kepala.

2. Gunakan sampo kering saat tak mencuci rambut

Jangan tunggu sampai rambut berminyak untuk menggunakan dry shampoo atau sampo kering. Sebelum jadwal mencuci rambut berikutnya, semprotkan sampo kering pada area kulit kepala yang lebih rentan terhadap lemak.

Shampo kering membantu menyerap lemak yang menumpuk di kulit kepala sebelum waktu cuci berikutnya. Pastikan untuk menyemprotkan pada akar rambut, agar produk bekerja.

Bagi kamu yang rutin berolahraga, sampo kering sangta diperlukan, karena berkeringan berarti rambut kaan lebih cepat berminyak.

Lauren Thompson Baxter, stylist di Nunzio Saviano Salon di New York City, menyarankan kepada Runners World untuk menggunakan sampo kering malam sebelum latihan, sehingga dapat membantu menyerap minyak sepanjang malam.

Baca juga: Dry Shampoo, Atasi Rambut Lepek Tanpa Keramas

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CLEO
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.