Efek Negatif Olahraga Berlebihan pada Kekebalan Tubuh

Kompas.com - 15/06/2020, 13:56 WIB
ilustrasi olahraga dengan kursi shutterstock/Lizardflmsilustrasi olahraga dengan kursi

KOMPAS.com - Kita tahu olahraga baik untuk kesehatan. Namun di masa pandemi seperti sekarang, apakah olahraga rutin bisa melindungi kita dari penyakit atau kita justru perlu mengistirahatkan sistem kekebalan tubuh?

Ternyata, melanjutkan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, selama tidak berlebihan.

Sebuah ulasan terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Sport and Health Science menemukan obesitas dan jarang bergerak dapat menurunkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Namun, memiliki gaya hidup sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi angka kematian akibat penyakit pernapasan.

Jadi, berapa lama durasi olahraga yang kita butuhkan? Menurut studi, 30 hingga 60 menit jalan cepat (dengan kecepatan sekitar 6 km per jam) yang dilakukan setiap hari bisa meningkatkan imunitas tubuh.

"Latihan meningkatkan aktivitas pengawasan sistem kekebalan," kata penulis studi David Nieman, Dr.PH., profesor kesehatan di Appalachian State University dan direktur Human Performance Lab di North Carolina Research Campus.

Baca juga: Olahraga Bareng Pasangan Bikin Hubungan Makin Mesra

Setiap kali kita berolahraga, pertukaran sel darah putih antara jaringan perifer dan sirkulasi (pembuluh darah dan getah bening) akan meningkat.

Nieman mengatakan, olahraga juga meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan dalam aliran darah untuk menemukan virus.

Di saat seseorang mengadopsi gaya hidup sehat (terutama bagi mereka yang jarang bergerak), kemampuan tubuh untuk pulih dari infeksi saluran pernapasan atas juga ikut meningkat. Hal serupa juga berlaku bagi orang-orang yang kini mulai bersepeda secara aktif.

Jangan berlebihan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Bicyling
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X