Benarkah Wanita Berbulu Lebat Punya Gairah Seksual Tinggi?

Kompas.com - 16/06/2020, 11:12 WIB
Ilustrasi berbulu lebat shutterstockIlustrasi berbulu lebat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apakah kamu memiliki pertumbuhan rambut yang tebal di wajah atau beberapa bagian tubuh? Sebagian besar orang meyakini bahwa wanita berbulu lebat di bagian wajah atau tubuhnya merupakan tanda ia memiliki gairah seksual atau libido tinggi.

Tak ayal bila ada wanita yang memiliki rambut tebal, seperti kumis tipis atau rambut di tangan dan kaki, dianggap sebagai wanita hiperseksual. Tapi benarkah demikian?

Wanita berbulu lebat dalam dunia medis dikenal dengan istilah hirsutisme. Hirsutisme adalah suatu kondisi tumbuhnya rambut di bagian wajah dan tubuh tertentu seorang wanita.

Wanita yang mengalami hirsutisme dapat mengalami pertumbuhan rambut pada bagian tubuh lainnya, seperti di atas bibir, dagu, tangan, kaki, perut, dada, dan punggung.

Pada beberapa kasus, penyebab wanita berbulu lebat memang tidak dapat diketahui. Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang menyebabkan wanita berbulu lebat, yaitu:

  • Faktor genetik atau keturunan
  • Peningkatan hormon testosteron (androgen)
  • Konsumsi obat-obatan, dan kondisi kesehatan lainnya

Anggapan yang kerap beredar di masyarakat mengenai rambut yang lebat pada wajah dan tubuh wanita seringkali dikaitkan dengan gairah seksual yang tinggi.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa salah satu penyebab wanita berbulu lebat adalah peningkatan kadar hormon testosteron.

Hormon testosteron, atau hormon androgen, adalah hormon yang dimiliki oleh pria, tetapi tidak menutup kemungkinan wanita juga bisa memilikinya.

Sejumlah penelitian terbaru menyebutkan bahwa hormon testosteron sama sekali tidak berhubungan dengan peningkatan gairah seksual, bahkan pada pria dalam kondisi sehat sekali pun.

Baca juga: Ini Dia 6 Manfaat Hormon Testosteron di Tubuh Pria

Namun, hormon testosteron yang tinggi pada wanita ternyata hanya sedikit berkaitan dengan gairah seksual. Ini artinya, anggapan wanita berbulu lebat memiliki libido tinggi sebenarnya tidak sepenuhnya benar atau salah.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X