Kompas.com - 16/06/2020, 13:06 WIB
Ilustrasi pekerja digital shutterstockIlustrasi pekerja digital
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - "Hal-hal yang tidak pernah kita pikirkan dulu, seperti menjadi YouTuber, atau yang tadinya tidak ada. sekarang jadi ada seperti Virtual Tour, itu saya lihat ada yang bagus dan ada yang garapnya kurang serius, sayang banget."

Hal itu diungkapkan oleh Music Arranger Aghi Narotama dalam diskusi bertajuk "Tips dan Karir Studi di bidang Kreatif Seni Suara dan Fashion di Tengah Pandemi" bersama UniSadhuGuna (UIC) College, Senin (15/6/2020).

Saat itu, Aghi dan beberapa narasumber lainnya tengah membahas mengenai peluang bidang kerja di industri digital dan kreatif.

Pandemi Covid-19 memang membuat lapangan kerja cenderung lebih terbatas karena sejumlah industri terkena dampak pandemi.

Namun, bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, tak perlu khawatir, sebab sejumlah bidang pekerjaan justru sedang mengalami peningkatan permintaan dan membutuhkan banyak pekerja baru.

Baca juga: Pekerjaan Populer yang Belum Eksis 20 Tahun Lalu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terutama bidang kerja yang berkaitan dengan industri digital. Mulai dari graphic designer, sound designer, online marketing & promotion, advertising, dan lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Desainer sekaligus CEO Indonesia Fashion Chamber, Ali Charisma mengatakan, video editor yang membantu promosi di media sosial juga sangat dibutuhkan.

Di industri fesyen, misalnya, masih banyak yang memerlukan jasa video editor karena tidak mahir membuatnya sendiri.

"Fashion video editor dan marketing person untuk online market, ini dua hal yang benar-benar dicari."

"Jika Anda punya dua kemampuan seperti ini, saya pikir akan kebanjiran pekerjaan," kata Ali.

Nah, gimana nih, tertarik berkarir di industri digital?

Baca juga: 8 Jenis Pekerjaan yang Muncul karena Pandemi Covid-19

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.