Ini Manfaat Meditasi bagi Kesehatan

Kompas.com - 16/06/2020, 13:50 WIB
Ilustrasi meditasi shutterstockIlustrasi meditasi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Meditasi adalah proses melatih pikiran agar kita dapat mengendalikan dan membuatnya menjadi lebih fokus.

Meditasi juga dianggap mampu membantu seseorang menghilangkan stres dan memberikan kedamaian pada hati serta pikiran.

Beberapa bentuk meditasi dipercaya dapat meningkatkan citra diri sekaligus membuat hidup pelakunya menjadi lebih positif.

Sebuah studi yang melibatkan 18 sukarelawan mengungkapkan bahwa melakukan meditasi secara rutin dapat menurunkan depresi jangka panjang.

Manfaat meditasi bagi kesehatan

Di samping beberapa manfaat di atas, meditasi juga dipercaya dapat memberikan keuntungan pada kesehatan seseorang yang rajin melakukan kegiatan ini, baik secara fisik maupun mental. Berikut adalah manfaat meditasi yang bisa kita dapatkan.

1. Menjaga kesehatan emosi

Manfaat meditasi yang pertama adalah menjaga kesehatan emosi. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang disinggung sebelumnya, yakni melakukan meditasi secara rutin dapat menurunkan depresi jangka panjang.

Selain itu, meditasi juga dapat menciptakan pandangan hidup yang lebih positif, optimis, dan meningkatkan citra diri yang baik.

Hal ini terjadi karena pada saat seseorang melakukan meditasi, zat kimia sitokin dalam tubuh berkurang. Sitokin sendiri merupakan zat kimia peradangan yang dilepaskan oleh tubuh sebagai respons terhadap stres.

Baca juga: 10 Manfaat Meditasi untuk Menjaga Kesehatan Mental dan Fisik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X