8 Tips Sukes Melakukan Wawancara Kerja Secara Virtual

Kompas.com - 16/06/2020, 23:15 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak aktivitas yang tak mungkin dilakukan secara tatap muka, termasuk wawancara kerja.

Karena itu, kini banyak perusahaan melakukan wawancara kerja secara virtual. Keadaan ini mungkin menjadi hal yang baru bagi beberapa orang.

Bila kamu baru pertama kali menjalani wawancara kerja secara virtual, berikut delapan tips sukses yang bisa kamu coba untuk membuat pewawancara terkesan.

1. Siapkan perangkat

“Uji koneksi nirkabel atau internet dan perangkat lunak konferensi video beberapa kali sebelum wawancara,” kata Mr Grant Torrens, direktur regional agen perekrutan Hays Singapura.

Melakukan panggilan latihan dengan teman atau anggota keluarga akan memungkinkanmu memeriksa kualitas suara dan gambar dan terbiasa berbicara ke mikrofon.

Sebelum wawancara, kamu juga harus melakukan riset untuk membiasakan diri dengan fungsi-fungsi yang mungkin berguna, seperti layar atau berbagi file.

Baca juga: Penting, Tunjukkan Soft Skill Saat Wawancara Kerja

2. Pilih lokasi yang tepat

Pilih tempat yang tenang dan jauh dari gangguan. Latar belakang tidak harus berupa dinding putih, tetapi tempat yang ideal adalah tempat yang bebas dari kekacauan sehingga mudah bagi pewawancara untuk fokus pada dirimu.

"Pikirkan beberapa YouTuber favorit, misalnya," kata Deana Zafir, produser konten untuk agen perekrutan BGC Group.

"Sebagian besar dari mereka memiliki latar belakang netral yang menampilkan potongan tanaman atau tempat tidur yang bersih dan teratur,” imbuhnya.

Kamar dengan pencahayaan alami sangat ideal, tetapi menempatkan lampu dengan cahaya putih di depanmu juga merupakan pengganti yang baik.

3. Berpakaian Profesional

Wawancara virtual masih merupakan proses profesional, jadi kamu juga tetap harus berpakaian seolah-olah sedang menuju wawancara di kantor.

"Cara terbaik untuk memutuskan pakaian yang tepat adalah dengan bertanya kepada manajer perekrutan atau perekrut tentang pakaian apa yang sebaiknya kamu kenakan saat wawancara,” ujar Deana.

“Jika itu tampaknya pertanyaan yang terlalu mengintimidasi, cobalah mencari tahu tentang perusahaan di media sosialnya, untuk melihat bagaimana karyawan berpakaian pada hari kerja normal,” imbuhnya.

Deana menambahkan bahwa kemeja berkerah, blus, make-up tipis dan rambut rapi biasanya sudah cukup, tetapi dalam sebuah wawancara, selalu lebih baik untuk berpakaian rapi daripada berpakaian yang kasual.

Baca juga: 4 Jawaban dalam Wawancara Kerja bagi Kandidat yang Lampaui Kualifikasi

Halaman:


Sumber CLEO
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X