Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terowongan ini "Melindungi" Vladimir Putin Dari Virus Corona

Kompas.com - 17/06/2020, 11:07 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk melindungi diri dari virus corona adalah memakai masker wajah, tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain, serta sering mencuci tangan.

Namun, Rusia punya cara unik untuk melindungi sang Presiden, Vladimir Putin, dari ancaman Covid-19.

Negara itu membangun terowongan disinfeksi khusus bagi siapa saja yang akan mengunjungi kediaman Putin di luar kawasan Moskow, menurut televisi pemerintah Rusia.

Terowongan khusus ini dibuat oleh perusahaan Rusia yang berbasis di kota Penza, dan telah dipasang di kediaman resmi Putin di Novo-Ogaryovo, di mana ia menerima pengunjung, seperti dilaporkan kantor berita RIA.

Cuplikan demonstrasi terowongan yang diterbitkan oleh RIA menunjukkan orang-orang yang memakai masker melewati terowongan lalu disemprot disinfektan dari sisi langit-langit dan samping terowongan.

Kantor berita Rusia memperlihatkan disinfektan disemprotkan ke pakaian setiap orang dan kulit tubuh bagian atas yang terbuka.

Dmitry Peskov, juru bicara Putin, mengatakan pada bulan April lalu, siapa pun yang bertemu langsung dengan Vladimir Putin telah mendapatkan tes Covid-19. Namun sebulan kemudian, Peskov mengatakan dirinya terinfeksi.

Virus corona telah menginfeksi lebih dari 500.000 orang di Rusia, dan 7.000 di antaranya meninggal dunia. Namun banyak pihak meragukan angka kematian dari data tersebut.

Dari data worldometers.info, jumlah kasus Covid-19 di Rusia per tanggal 17 Juni mencapai 545.458 kasus, dengan angka kematian 7.284 jiwa.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com