Kompas.com - 17/06/2020, 11:07 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri upacara penyerahan medali Bintang Emas kepada para pahlawan pekerja, di tengah peringatan Hari Rusia di Moskwa, 12 Juni 2020. AP Photo/Pool Sputnik Kremlin/Mikhail KlimentyevPresiden Rusia Vladimir Putin menghadiri upacara penyerahan medali Bintang Emas kepada para pahlawan pekerja, di tengah peringatan Hari Rusia di Moskwa, 12 Juni 2020.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk melindungi diri dari virus corona adalah memakai masker wajah, tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain, serta sering mencuci tangan.

Namun, Rusia punya cara unik untuk melindungi sang Presiden, Vladimir Putin, dari ancaman Covid-19.

Negara itu membangun terowongan disinfeksi khusus bagi siapa saja yang akan mengunjungi kediaman Putin di luar kawasan Moskow, menurut televisi pemerintah Rusia.

Terowongan khusus ini dibuat oleh perusahaan Rusia yang berbasis di kota Penza, dan telah dipasang di kediaman resmi Putin di Novo-Ogaryovo, di mana ia menerima pengunjung, seperti dilaporkan kantor berita RIA.

Cuplikan demonstrasi terowongan yang diterbitkan oleh RIA menunjukkan orang-orang yang memakai masker melewati terowongan lalu disemprot disinfektan dari sisi langit-langit dan samping terowongan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kantor berita Rusia memperlihatkan disinfektan disemprotkan ke pakaian setiap orang dan kulit tubuh bagian atas yang terbuka.

Dmitry Peskov, juru bicara Putin, mengatakan pada bulan April lalu, siapa pun yang bertemu langsung dengan Vladimir Putin telah mendapatkan tes Covid-19. Namun sebulan kemudian, Peskov mengatakan dirinya terinfeksi.

Virus corona telah menginfeksi lebih dari 500.000 orang di Rusia, dan 7.000 di antaranya meninggal dunia. Namun banyak pihak meragukan angka kematian dari data tersebut.

Dari data worldometers.info, jumlah kasus Covid-19 di Rusia per tanggal 17 Juni mencapai 545.458 kasus, dengan angka kematian 7.284 jiwa.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.