Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kegiatan PMI Terkait Pandemi Covid-19 Bebas Biaya

Kompas.com - 17/06/2020, 11:11 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Palang Merah Indonesia (PMI) terlibat aktif dalam penganggulangan pandemi Covid-19 di Indonesia. Kegiatan utama yang dilakukan adalah edukasi publik, mitigasi, hingga penyemprotan disinfektan.

Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said menegaskan, seluruh kegiatan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 itu bebas biaya.

“Layanan PMI kepada masyarakat berkaitan dengan penanggulangan Covid-19 juga bebas biaya. Tidak ada pungutan apapun. Jika terdapat oknum yang menyalahgunakan nama PMI segera laporkan melalui hotline PMI nomor: 021. 7992322“ ujar Sudirman melalui keterangan pers, Selasa (16/6).

Ia menambahkan, Saat ini PMI seluruh Indonesia sedang bergerak mengatasi wabah Covid-19.

"Kami mengerahkan lebih dari 600 kendaraan berbagai jenis, 10 ribu alat semprot manual, dan lebih dari 6.000 personil terdiri dari relawan PMI, Prajurit TNI dan Anggota Polri, PMI sudah menjangkau seluruh wilayah-wilayah yang berisiko," kata Sudirman.

Baca juga: Tangkal Corona, PMI Sudah Semprot Lebih dari 1 Juta Liter Disinfektan

Di luar kegiatan tersebut, PMI juga sedang bekerja sama dengan Lembaga Eijkman untuk melalukan penelian memanfaatkan plasma darah pasien sebagai anti bodi untuk menemukan obat dalam pengobatan pasien Covid-19.

Pola kerja samanya, pasien Covid-19 yang telah sembuh darahnya akan diambil dan plasmanya akan digunakan untuk menerapi pasien-pasien Covid-19. Proses engineering plasma akan dilakukan di 15 laboratorium PMI di seluruh Indonesia.

PMI merupakan salah satu lembaga yang memiliki kemampuan dan wewenang untuk menarik darah dari pasien. Selain itu, PMI juga telah memiliki fasilitas pemisahan plasma darah di 15 lokasi di Indonesia.

Baca juga: Ingin Donor Darah? Ada Layanan Mobile dari PMI Selama Pandemi Virus Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com