9 Cara Menjaga Organ Pernapasan agar Tetap Sehat

Kompas.com - 17/06/2020, 13:39 WIB
Ilustrasi bernafas shutterstockIlustrasi bernafas
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di tengah serangan wabah Covid-19 yang bisa menyebabkan gangguan pernapasan, kewajiban untuk menjaga kesehatan organ-organ di sistem ini jadi semakin terasa.

Apalagi saat ini belum tersedia obat maupun vaksin untuk mengatasi penyakit tersebut.

Dengan melakukan berbagai cara menjaga organ pernapasan, maka kita sudah berperan dalam pencegahan penyebaran virus corona yang semakin merajalela.

Ingat, organ pernapasan bukan hanya paru-paru. Mulut, hidung, hingga tenggorokan juga termasuk ke dalamnya. Sehingga, pencegahannya pun perlu dilakukan secara keseluruhan.

Cara menjaga organ pernapasan

Jangan langsung memikirkan cara rumit untuk menjaga organ pernapasan tetap sehat. Sebab ternyata, berbagai langkah berikut ini bisa kita lakukan untuk mendapatkannya

1. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga adalah cara menjaga organ pernapasan yang sangat efektif. Sebab dengan aktif bergerak, sirkulasi di tubuh akan berjalan dengan lancar. Dengan begitu, organ pernapasan terutama paru-paru akan selalu terjaga kesehatannya.

Baca juga: Kenali, Olahraga yang Cocok untuk Jaga Imunitas di Masa Pandemi

2. Mengonsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi juga sangat berpengaruh pada kesehatan organ pernapasan. Orang yang kekurangan nutrisi, terbukti lebih rentan mengalami berbagai gangguan pernapasan.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X