Kompas.com - 17/06/2020, 20:20 WIB
Kompetisi basket NBA. AFP/GREGORY SHAMUSKompetisi basket NBA.

KOMPAS.com - Beberapa negara telah melonggarkan aturan pembatasan sosial dan kompetisi olahraga pun dijadwalkan akan kembali berjalan dalam beberapa bulan mendatang, salah satunya NBA.

Pihak NBA sedang mencari cara lain untuk membantu memerangi penyebaran virus corona saat kompetisi kembali berlanjut.

Berdasarkan data yang diungkap Rockefeller Neuroscience Institute dari West Virginia University, setiap pemain mempunyai pilihan untuk memakai cincin pintar Oura guna mendeteksi tanda-tanda awal virus.

Cincin Oura diklaim mampu membaca suhu tubuh melalui tiga sensor, serta memiliki sensor accelerometer (untuk mengukur akselerasi) dan giroskop (alat untuk mengukur gerakan sudut).

Cincin Oura Cincin Oura
Meskipun tidak ada informasi spesifik tentang apa yang akan dilihat oleh pemain yang memakai cincin tersebut, tapi komisi NBA menyebutkan hanya data pemain dengan peringkat tinggi pada "skor probabilitas penyakit" yang akan menjalani pemeriksaan.

Sementara ini cincin Oura sedang diuji pada 600 petugas kesehatan, namun survei dalam aplikasi menemukan kemampuannya dalam memprediksi Covid-19 memiliki tingkat akurasi 90 persen.

Sebelumnya NBA resmi menghentikan seluruh pertandingan di musim 2020 pada 12 Maret lalu. Keputusan itu diambil usai pemain Utah Jazz, Rudy Gobert, menjadi pemain NBA pertama yang positif terinfeksi virus corona.

Baca juga: Pemerintah Datangkan 1.500 Cartridge TCM-TB untuk Deteksi Covid-19



Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X