Sepatu Waffle Spikes Buatan Co-Founder Nike Akan Dilelang

Kompas.com - 18/06/2020, 16:03 WIB
Nike Waffle Spike Nike Waffle Spike
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pelatih lari University of Oregon yang menjadi terkenal karena mendirikan Nike, Bill Bowerman, diketahui pernah membuat spike khusus untuk sepatu lari. Sekarang, salah satu sepatu dengan spike (paku) tersebut muncul di pelelangan.

Spike yang diperkenalkan di balai lelang Sotheby's itu adalah salah satu bagian dari sepasang sepatu lari Nike yang pernah ada, berasal dari koleksi John Mays, mantan anggota tim lari Oregon.

Menurut Sotheby's, Bowerman membuat sepatu spike dengan bahan kulit warna putih untuk Mays pada tahun 1970 atau awal 1971, sebelum Nike dibentuk secara resmi pada tahun 1971.

Mengingat Mays adalah pelari cepat selama bersama Ducks, sepatu itu memiliki profil ultralow dan ringan, dengan tumit tanpa hiasan dan spike berbahan metal yang tajam di bagian depan untuk penggerak.

Namun, sepatu itu diubah pada tahun 1974. Bowerman menambahkan lapisan kulit di depan dan pola traksi wafel untuk dicoba oleh Mays.

Sebuah surat yang ditujukan kepada Mays oleh Bowerman juga menyertai sepatu itu, menjelaskan proses di balik modifikasi spike secara rinci.

Oleh karena itu, sepatu tersebut merupakan bagian sejarah menarik dan sempurna yang merangkum asal-usul Nike.

Waffle Spike ini diperkirakan akan terjual antara 130.000 - 150.000 dollar AS (sekitar Rp 1,8 miliar - Rp 2,1 miliar) di antara sepatu paling bernilai yang pernah ditawarkan di pelelangan.

Namun, tidak menutup kemungkinan harga Waffle Spike dapat melebihi perkiraan tersebut hingga beberapa kali lipat.

Pada Mei lalu, sepasang sepatu Michael Jordan, Air Jordan 1 "Chicago" terjual seharga 560.000 dollar AS (sekitar Rp 7,9 miliar), melebihi perkiraan awal, yaitu 100.000 dollar AS (Rp 1,4 miliar).

Lalu, pada Juli 2019, Nike Waffle Racing Flat, yang dikenal sebagai "Moon Shoe", terjual seharga 437.500 dollar AS atau setara Rp 6,2 miliar.

Penawaran untuk Waffle Spike di Sotheby dibuka hingga tanggal 26 Juni mendatang.



Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X