Apa Saja Buah Penurun Kolesterol?

Kompas.com - 18/06/2020, 19:05 WIB
Ilustrasi buah baibazIlustrasi buah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Usia yang terus bertambah ditambah dengan pola makan sembarangan, akan membuat naiknya kolesterol. Tingginya kolesterol ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Untungnya, ada beberapa buah penurun kolesterol yang tentu hanya akan bekerja efektif bila diiringi dengan gaya hidup sehat.

Tidak berlebihan jika menyebut pola makan sangat berhubungan dengan kadar kolesterol dalam tubuh. Beberapa buah penurun kolesterol yang bisa dicoba adalah:

Alpukat

Ilustrasi alpukatbarmalini Ilustrasi alpukat
Tidak terbantahkan lagi bahwa alpukat adalah salah satu buah yang paling kaya nutrisi. Kandungan lemak tunggal tak jenuh dan serat dalam alpukat bisa membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang mengalami obesitas dan mengonsumsi satu buah alpukat setiap harinya memiliki kadar kolesterol jahat lebih rendah ketimbang mereka yang tidak mengonsumsi alpukat.

Baca juga: Menjaga Kesehatan Mata hingga Jantung, Alpukat Kaya akan Manfaat

Berries

Ilustrasi buahcheche22 Ilustrasi buah
Buah-buahan berries seperti stroberi, blueberry, dan blackberry adalah sumber antioksidan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain itu, tingginya kandungan serat dalam buah-buahan berries membantu menghentikan produksi kolesterol.

Jeruk

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X