Kompas.com - 19/06/2020, 18:20 WIB

KOMPAS.com - Rumah lelang Sotheby's yang bermarkas di New York, AS, telah mengumumkan penjualan arloji emas milik Raja George III dari Inggris, yang dibuat oleh Abraham-Louis Breguet.

Breguet merupakan ahli horologi (ilmu atau seni mengukur masa) asal Swiss yang membuat banyak inovasi dalam pembuatan jam di Prancis.

Arloji turbillon emas buatan Breguet dijual kepada Raja George III pada tahun 1808, dan kala itu dianggap sebagai bagian dari teknologi mutakhir karena tingkat akurasi waktu yang tepat.

Baca juga: Jam Tangan Kolaborasi G-SHOCK dan Dragon Ball Z Terinspirasi Son Goku

Sebagai bagian dari lelang yang berjudul "The Collection of a Connoisseur," arloji ini dijual dengan perkiraan harga 895.000 - 1,3 juta dollar AS atau setara Rp 12 miliar - 18 miliar.

Sotheby's akan menjual arloji bersama berbagai potongan horologis yang dibuat pada pergantian abad ke-19.

Arloji ini tidak diberi tanda tangan "Breguet" di bagian luar, karena kemungkinan akan menimbulkan skandal jika raja Inggris memiliki arloji dari Prancis.

Sebagai gantinya, signature tersebut berada di mesin mekanik tourbillon di bagian dalam arloji.

Sebelumnya arloji ini muncul di Sotheby's pada tahun 1999, dan dijual seharga 551.500 poundsterling atau sekitar Rp 9 miliar dalam konversi terkini.

Arloji buatan Breguet sempat lama tidak terlihat di depan umum sejak pameran arloji 1955 di London, Inggris.

Penawaran lelang akan berlangsung di London pada 14 Juli. Informasi lebih lanjut tersedia di situs resmi Sotheby's.

Baca juga: Jennifer Aniston Lelang Foto Tanpa Busana demi Bantu Atasi Covid-19

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber Hypebeast


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.