Kompas.com - 20/06/2020, 10:32 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Memiliki dapur yang rapi dan terorganisir tak selalu memerlukan ruangan yang luas. Dengan dapur yang tergolong minimalis pun kita bisa mendapatkan dapur rapi seperti yang sering terlihat di Instagram.

Memang dibutuhkan taktik agar kita bisa menyimpan semua koleksi peralatan masak dan juga bahan-bahan makanan dengan rapi.

Pendiri The Home Edit, perusahaan organisir barang, Clea Shearer dan Joanna Teplin, memberikan tips yang bisa kita terapkan di rumah.

1. Buat zonasi
Buatlah cetak biru untuk dapur Anda yang menunjukkan apa saja yang harus ada di sana dan butuh ruang tersendiri. Misalnya saja perlengkapan membuat kue di satu tempat, bumbu dapur dalam satu keranjang, atau produk-produk pembersih dalam satu tempat.

“Produk-produk pembersih seharusnya berada di bawah sink. Lalu, jangan sampai ada kontaminasi silang, misalnya meletakkan toples selai dekat dengan piring. Makanya penting ada zonasi,” saran Shearer.

Baca juga: 4 Trik Membuat Dapur Sederhana Menjadi Tampak Mahal

2. Gunakan seluruh ruang
Untuk dapur kecil, jangan sia-siakan tiap jengkal ruang yang ada. Bagian yang sering terbengkalai adalah bagian sudut atau ruangan bawah tempat cuci piring.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami sering berkhotbah tentang ruangan di bawah sink karena orang sering melupakannya,” kata Shearer.

Jika masih ada ruangan yang luas dalam pantry, gunakan kotak yang bisa dibuka tutup dengan mudah atau nampan khusus dengan roda putar.

Baca juga: Panduan Melakukan Detoks Dapur

3. Terapkan aturan 80/20
Shearer dan Teplin selalu menerapkan aturan 80/20 ini pada setiap dapur dan ruang pakaian milik klien yang mereka atur. Dalam aturan ini, kita fokus pada elemen-elemen yang dianggap paling penting untuk menyisakan ruang.

“Jika kita memaksimalkan sampai 100 persen, rasanya tidak akan nyaman. Jika semua penyimpanan menampung sampai 100 persen, kita akan kesulitan membuka laci,” kata Teplin.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.