Kompas.com - 21/06/2020, 13:18 WIB
Ilustrasi makanan manis dan buah-buahan ShutterstockIlustrasi makanan manis dan buah-buahan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sistem pencernaan manusia bekerja hampir 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu. Sayangnya, banyak orang tidak terlalu memperhatikan kesehatan bagian tubuh satu ini.

Ketika masalah seperti kembung, mual, diare, konstipasi, bahkan hingga kanker usus muncul, orang baru sadar betapa pentingnya sistem pencernaan.

Oleh karena itu, sebelum masalah pencernaan datang, kita wajib menjaga kesehatannya.

Caranya mudah. Kita cukup berkomitmen untuk mengatur pola makan sekaligus mengubah gaya hidup agar bisa berdampak positif bagi sistem pencernaan. Bonusnya, tubuh akan jadi lebih sehat dan bugar. Siapa yang tak mau?

Cara menjaga kesehatan pencernaan

1. Pilah dan pilih apa yang dimakan

Ilustrasi memilih makananshutterstock Ilustrasi memilih makanan
Sebisa mungkin, pilihlah makanan yang benar-benar “asli” tanpa banyak tambahan pengawet, perasa, pemanis, atau tambahan sodium yang membuatnya gurih dan menggiurkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini penting karena segala jenis tambahan pada makanan ini bisa menyebabkan peradangan pencernaan.

Makanan dengan tambahan pemanis yang mengandung gula tambahan justru dapat menambah jumlah bakteri berbahaya di pencernaan.

Ketika rasio bakteri baik dan bakteri jahat tidak seimbang, maka dapat menyebabkan gangguan usus besar hingga Crohn’s disease.

Baca juga: Awas, Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Olahan Bisa Sebabkan Kematian Dini

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X