Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/06/2020, 21:15 WIB
Gading Perkasa,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seni menjadi seorang ayah saat ini telah berkembang, seiring perubahan pada masyarakat dan keluarga tradisional.

Selain ibu, ayah juga dapat membantu anak membangun kepercayaan diri dan harga diri, serta belajar bagaimana menjadi ayah yang suportif, penyayang, dan terhubung dengan anak mereka.

Selama tiga dekade terakhir, perubahan sosial, termasuk peningkatan jumlah wanita yang bekerja di luar rumah, meningkatnya angka perceraian, perkawinan kembali, dan keluarga campuran mengubah peran ibu dan ayah.

Baca juga: 5 Cara Agar Ayah Lebih Terlibat dalam Pengasuhan Anak

Bagi seorang ayah, hubungan antara dia dan anak perempuan atau anak laki-lakinya pasti berbeda jika dibandingkan hubungannya dengan ayahnya di masa lalu.

Perubahan gaya pengasuhan memberi pria lebih banyak pilihan untuk merespons kewajiban sebagai ayah, suami, atau pasangan.

Kini, Ayah cenderung tidak bergantung pada pengalaman masa kecilnya untuk petunjuk menjadi ayah.

Karena peran yang terus berubah, apa yang baik diterapkan seorang ayah 30 tahun lalu bisa saja tidak cocok dengan tantangan kompleks dan beragam yang dihadapi ayah modern di era sekarang.

Penelitian terbaru mengungkap, ayah yang memiliki sifat menerima cenderung memiliki anak dengan harga diri yang lebih tinggi.

Baca juga: Gen Ayah Tentukan Jenis Kelamin Bayi

Hubungan ayah dan anak yang penuh kasih sayang akan berefek positif pada prestasi anak, popularitas di antara teman sebaya, dan penyesuaian pribadi.

Ayah yang penuh kasih, memberi bimbingan yang masuk akal dan tegas tanpa memaksakan kehendak mereka akan membantu meningkatkan kompetensi pada anak.

Berikut 9 cara yang bisa dilakukan untuk menjadi ayah yang baik bagi anak:

1. Habiskan waktu bersama

Cara seorang ayah menghabiskan waktunya, secara tidak langsung menujukkan kepada anaknya, apa yang penting baginya.

Anak-anak tumbuh cepat, dan sekarang waktu yang tepat untuk terhubung dengan anak. Banyak cara menyenangkan yang bisa kita coba saat menghabiskan waktu bersama keluarga dan anak.

2. Disiplin dengan cinta dan pengasuhan positif

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com