HUT DKI, Yuk Belanja Online Produk Khas Betawi

Kompas.com - 22/06/2020, 08:58 WIB
Ondel ondel, salah satu bentuk pertunjukan budaya masyarakat Betawi. SHUTTERSTOCKOndel ondel, salah satu bentuk pertunjukan budaya masyarakat Betawi.

KOMPAS.com – Peringatan ulang tahun Jakarta yang ke-493 pada Senin (22/6) ini memang tidak semeriah tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19. Walau begitu, kita tetap bisa merasakan nuansa hari jadi DKI ini dengan mendapatkan beberapa produk khas Betawi secara online.

Di Tokopedia, ada beberapa kreator lokal yang secara khusus mengangkat budaya Betawi, berikut adalah rekomendasinya:

1. Betawi Online Shop

Didirikan oleh Mohamad Ardiansyah yang lahir dan besar di Jakarta, toko online miliknya ini memasarkan produk-produk hasil dari masyarakat kampung budaya Betawi, Setu Babakan.

Ardi mendirikan Betawi Online Shop di 2014 yang fokus memasarkan cendera mata dan produk kerajinan tangan khas Betawi seperti, ondel-ondel, mainan tradisional (congklak, yoyo, gasing), kain batik, hingga peci dan pakaian adat Betawi.

Baca juga: Tahun Ini, HUT DKI Jakarta Tanpa Ingar Bingar Jakarta Fair di Kemayoran

Seiring dengan tingginya minat pembeli, Ardi pun akhirnya mendesain dan memproduksi sendiri produknya. Ia juga bekerja sama dengan banyak pengrajin lokal yang tersebar di beberapa daerah seperti Bogor, Bekasi dan Jawa Tengah.

Ardi mendirikan Betawi Online Shop di 2014 yang fokus memasarkan cendera mata dan produk kerajinan tangan khas Betawi.Tokopedia Ardi mendirikan Betawi Online Shop di 2014 yang fokus memasarkan cendera mata dan produk kerajinan tangan khas Betawi.

Kondisi pandemi saat ini juga berdampak bagi pegiat UMKM lokal, tidak terkecuali usaha Ardi. Ia mengaku pesanan untuk pembuatan ondel-ondel mengalami penurunan drastis mencapai 70 persen.

Hal ini terjadi karena banyak kegiatan dari sejumlah instansi pemerintah dan acara kebudayaan Betawi lainnya yang ditiadakan dengan adanya penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Untuk memastikan usahanya tetap berjalan di tengah pandemi, Ardi melakukan inovasi terhadap produknya.

“Sebagai pelaku usaha, kita harus bisa melihat produk apa yang dibutuhkan konsumen. Saya juga berencana memproduksi masker kain dengan motif khas Betawi untuk membantu masyarakat di tengah new normal,” ujar Ardi.

Baca juga: Ulang Tahun Jakarta, Sudah Pernah Coba 12 Makanan Betawi Langka Ini?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X