Yang Harus Diperhatikan Saat Memakai Masker di Tengah Cuaca Panas

Kompas.com - 22/06/2020, 22:09 WIB
ilustrasi masker shutterstockilustrasi masker

KOMPAS.com - Beberapa Negara kembali dibuka setelah lockdown dan sebagian lain mulai melonggarkan karantina akibat pandemi Covid-19.

Namun, riisko terinfeksi virus corona tentu akan lebih besar ketika kita mulai kembali beraktivitas di luar rumah.

Yang menjadi masalah lain adalah, saat ini sudah memasuki musim panas, sehingga sebagian orang mungkin merasa tak nyaman menggunakan masker setiap saat.

Baca juga: Mitos Fakta Memakai Masker untuk Beraktivitas di Era New Normal

Baru-baru ini, Dr. Teresa Murray Amato berbicara tentang bagaimana masker wajah dan musim panas tidak cocok.

Namun, dia mengatakan, bahwa kita harus tetap memakai masker wajah meski cuaca panas, agar tidak menyebarkan penyakit.

"Meskipun kita tahu itu akan sedikit tidak nyaman, saya benar-benar berpikir manfaatnya lebih besar disbanding dengan rasa ketidaknyamanan yang membuat wajah terasa lebih gerah saat memakai masker," kata Amato.

Laporan sebelumnya menunjukkan, bahwa para ilmuwan berharap cuaca panas di musim panas dapat membantu menahan penyebaran virus.

Penyakit flu biasanya mati ketika bulan-bulan musim panas tiba, sehingga mereka berharap bahwa iklim yang lebih hangat dapat memberikan bantuan untuk menghentikan pandemi.

Namun, para ahli sekarang mengatakan bahwa, bahkan ketika panas yang lembap mulai datang, virus corona ternyata masih terus menyebar. Oleh karena itu, mengikuti rekomendasi untuk menjaga jarak sosial dan memakai alat pelindung diri masih diperlukan.

Baca juga: WHO Sebut Masker Bukan Satu-satunya Cara Ampuh Cegah Virus Corona

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X