Kompas.com - 23/06/2020, 07:58 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Memori otak yang kuat sangat dibutuhkan oleh orang dari segala usia dan segala profesi. Sayangnya, banyak dari kita yang kerap mengalami lupa, bahkan meskipun masih berusia muda.

Memori buruk yang konsisten ini akan menjadi masalah jika dibiarkan berlarut, terutama akan memengaruhi performa kita dalam menjalani tugas harian.

Penurunan daya ingat memang sesuatu yang tak terhindarkan seiering bertambah usia. Namun, ada beberapa strategi sederhana yang bisa yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan kemampuan memori otak.

1. Makan dengan penuh kesadaran

Banyak yang menganggap aktivitas makan tidak terlalu penting, melewatkannya atau bahkan tak peduli dengan kandungan gizi pada apa yang diasupnya.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa menyebabkan berkurangnya memori otak seiring berjalannya waktu.

Melewatkan waktu makan, tidak hanya berpengaruh pada kesehatan lambung, tapi juga terhadap kesehatan mental.

Usahakan lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Keduanya memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan tinggi yang bisa membantu memerangi kerusakan karena radikal bebas.

Baca juga: Radikal Bebas, Bahaya, Penyebab, dan Kaitannya dengan Antioksidan

2. Aktif bergerak

Aktif bergerak bukan berarti kamu harus berolahraga berat di pusat kebugaran. Kamu bisa menjaga tubuh tetap bergerak aktif dengan sejumlah kegiatan sederhana setiap hari, seperti menari, jalan kaki, bermain olahraga permainan, dan lainnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X