Kompas.com - 23/06/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi Pixabay/CoyotIlustrasi

KOMPAS.com — Saat ini, setiap kali melakukan aktivitas di luar rumah kita wajib mengenakan masker demi memutus penularan covid-19.

Sayannya, penggunaan masker menimbulka gesekan di hidung, iritasi dan kadang-kadang jerawat, karena masker harus dipakai dengan ketat menempel di kulit wajah.

Berikut beberapa tips dan cara mencegah iritasi kulit yang disebabkan oleh pemakaian masker:

1. Bersihkan wajah setelah memakai masker

Mengenakan masker di wajah akan menumpuk banyak kotoran, keringat, dan lain-lain.

Jadi, ketika kamu melepas masker, pastikan untuk mencuci wajah dengan benar untuk membersihkan semua efek masker dari kulit.

Namun, jangan melakukan pencucian dan pembersihan wajah berlebihan yang justru akan membuat kerusakan lebih lanjut pada kulitmu.

Oleh karena itu, pilihlah pembersih lembut yang bebas wangi, tidak berbusa, dan jangan pernah membilas wajah dengan air panas, karena air panas juga dapat membahayakan pelindung alami kulit.

Baca juga: Yang Harus Diperhatikan Saat Memakai Masker di Tengah Cuaca Panas

2. Ciptakan perlindungan bagi kulit dengan memakai moisturizer

Gesekan pada pada kulit karena masker membuat lapisan kulit kita berair dan bahkan bisa menyebabkan kulit melepuh dan perih.

Untuk menghindarinya, kamu bisa menciptakan pelindung bagi kulit dengan memakai moisturizer atau pelembap.

Menerapkan pelembap pada wajah sepanjang hari adalah cara terbaik untuk mencegah kerusakan.

Dianjurkan untuk menerapkan pelembap bebas minyak setiap 2 jam untuk kulit berminyak dan jika kamu memiliki kulit sensitif kamu dapat mencoba menggunakan losion untuk ruam popok, karena dapat mengurangi peradangan.

Jika kulitmu sangat kering dan tidak merespons pelembap, gunakan petroleum jelly (Vaseline) untuk memberikan kelembapan pada kulit.

Baca juga: Mitos Fakta Memakai Masker untuk Beraktivitas di Era New Normal

Halaman:


Sumber fustany
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X