Mengenal Takikardia, Gangguan Irama Jantung yang Diderita Jessica Iskandar

Kompas.com - 24/06/2020, 07:24 WIB
Jessica Iskandar yang mencoba menjelaskan tertundanyq gelaran pernikahan dengan Richard Kyle. (Bidikan layar YouTube acara Brownis). KOMPAS.com/Revi C RantungJessica Iskandar yang mencoba menjelaskan tertundanyq gelaran pernikahan dengan Richard Kyle. (Bidikan layar YouTube acara Brownis).

KOMPAS.com - Artis sekaligus presenter  Jessica Iskandar baru saja melakukan pengecekan medis karena merasa ada yang tidak normal pada detak jantungnya. Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, ia didiagnosa mengalami takikardia.

Apa itu takikardia?

Dilansir dari mayoclinic.org, takikardia adalah istilah medis untuk detak jantung lebih dari 100 detak per menit. Ada banyak gangguan irama jantung atau aritmia, yang dapat menyebabkan takikardia.

Beberapa jenis takikardia dikelompokkan sesuai dengan bagian jantung yang bertanggung jawab atas kondisi dan penyebab detak jantung berdetak lebih cepat.

Tdak semua detak jantung cepat dikatakan tidak normal. Detak jantung cepat masih masuk kategori normal jika terjadi pada beberapa kondisi, seperti ketika berolahraga atau sebagai respons stres, trauma, atau sakit.

Baca juga: Diduga Mengidap Aritmia, Jessica Iskandar: Semoga Aku Baik-baik Aja

Tetapi pada kondisi takikardia, jantung berdetak lebih cepat dari normal karena kondisi yang tidak terkait dengan stres fisiologis normal.

Dalam beberapa kasus, takikardia mungkin tidak menimbulkan gejala atau komplikasi. Tetapi jika tidak diobati dan dibiarkan berlarut, takikardia dapat mengganggu fungsi jantung normal dan menyebabkan komplikasi serius, termasuk gagal jantung, stroke, serangan jantung mendadak, bahkan kematian.

Faktor risiko

Pertambahan usia dan riwayat keturunan gangguan irama jantung lainnya membuat Anda lebih berisiko mengembangkan takikardia.

Segala kondisi yang menyebabkan tekanan pada jantung atau merusak jaringan jantung dapat meningkatkan risiko takikardia.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X