Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawab 7 Pertanyaan Ini Sebelum Berencana Tambah Momongan

Kompas.com - 24/06/2020, 09:00 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah kamu dan pasangan tengah bersiap untuk menambah momongan? Perencanaan kehamilan membutuhkan banyak percakapan, tidak hanya dengan pasangan, tetapi kadang-kadang dengan anggota keluarga lainnya juga.

Ini harus dipikirkan sungguh-sungguh untuk melihat apakah kamu siap mengambil tugas tambahan yang datang dengan adanya bayi baru.

Untuk itu, sebelum hami lagi, ada baiknya kamu menjawab tujuh pertanyaan berikut ini:

1. Mengapa saya menginginkan anak lagi?

Ini adalah pertanyaan yang jelas tentang perencanaan kehamilan, namun perlu ditanyakan kembali.

Bukan karena kamu sudah memilki anak pertama lalu berarti harus memiliki anak kedua, atau hanya karena temanmu sudah melahirkan anak keduanya dan kamu tak mau kalah. Tetapi ini tentang kelahiran yang benar-benar direncanakan, jadi temukan alasannya.

2. Apakah si kakak akan kesepian tanpa saudara kandung?

Ada banyak anak-anak di dunia ini yang tumbuh menjadi individu yang bisa menyesuaikan diri, mudah bergaul, dan bahagia, tanpa memiliki saudara kandung.

Hal yang sama berlaku untuk anak-anak yang memiliki saudara lelaki dan perempuan. Dan kemudian ada orang-orang dengan saudara kandung yang justru tidak suka dengan posisi mereka di keluarga.

Jadi tidak ada jaminan bahwa memiliki anak kedua akan baik untuk anakmu yang lain, atau menjadikan dia sebagai anak tunggal akan membuatnya kesepian. Ini sesuatu yang harus dipikirkan saat kamu melakukan perencanaan kehamilan.

3. Bagaimana dengan perbedaan usia?

Ketika perbedaan usia antara anak-anak adalah sekitar dua tahun, persaingan saudara kandung cenderung kuat selama anak usia dini. Di sisi lain, mereka cenderung menjadi lebih dekat selama masa remajanya.

Bila jarak usia empat tahun atau lebih, kecemburuan cenderung kurang karena mereka menjalani kehidupan yang berbeda. Tapi, ini hanya kecenderungan, bukan kepastian. Bicarakan hal ini dengan pasangan sebagai bagian dari perencanaan kehamilan.

4. Apakah saya siap secara fisik?

Kehamilan menuntut kesiapan secara fisik dan kamu harus yakin bahwa kamu telah sepenuhnya pulih dari kelahiran anak pertama. Pertimbangkan kesehatan tubuhmu. Dokter  dapat memberi tahumu tentang hal ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com