Kompas.com - 24/06/2020, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Apakah kamu dan pasangan tengah bersiap untuk menambah momongan? Perencanaan kehamilan membutuhkan banyak percakapan, tidak hanya dengan pasangan, tetapi kadang-kadang dengan anggota keluarga lainnya juga.

Ini harus dipikirkan sungguh-sungguh untuk melihat apakah kamu siap mengambil tugas tambahan yang datang dengan adanya bayi baru.

Untuk itu, sebelum hami lagi, ada baiknya kamu menjawab tujuh pertanyaan berikut ini:

1. Mengapa saya menginginkan anak lagi?

Ini adalah pertanyaan yang jelas tentang perencanaan kehamilan, namun perlu ditanyakan kembali.

Bukan karena kamu sudah memilki anak pertama lalu berarti harus memiliki anak kedua, atau hanya karena temanmu sudah melahirkan anak keduanya dan kamu tak mau kalah. Tetapi ini tentang kelahiran yang benar-benar direncanakan, jadi temukan alasannya.

2. Apakah si kakak akan kesepian tanpa saudara kandung?

Ada banyak anak-anak di dunia ini yang tumbuh menjadi individu yang bisa menyesuaikan diri, mudah bergaul, dan bahagia, tanpa memiliki saudara kandung.

Hal yang sama berlaku untuk anak-anak yang memiliki saudara lelaki dan perempuan. Dan kemudian ada orang-orang dengan saudara kandung yang justru tidak suka dengan posisi mereka di keluarga.

Jadi tidak ada jaminan bahwa memiliki anak kedua akan baik untuk anakmu yang lain, atau menjadikan dia sebagai anak tunggal akan membuatnya kesepian. Ini sesuatu yang harus dipikirkan saat kamu melakukan perencanaan kehamilan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.