Kompas.com - 24/06/2020, 14:20 WIB
Olahraga mengenakan masker. SHUTTERSTOCKOlahraga mengenakan masker.


KOMPAS.com - Di tengah berlanjutnya kondisi pandemi Covid-19, kian banyak penjelasan dan juga bukti yang menunjukkan bahwa mengenakan masker saat berolahraga bisa membatasi pernapasan, dan memacu denyut jantung.

Sementara, penggunaan masker adalah cara mudah untuk mengurangi risiko si pengguna menularkan virus kepada orang lain.

Nah, sejumlah penelitian mengungkap, dampak penggunaan masker saat berolahraga pun amat bergantung pada seberapa besar/ berat dampak olahraga itu terhadap tubuh.

Baca juga: Cara Mencegah Iritasi Kulit Saat Memakai Masker Wajah

Kemudian, muncul pertanyaan, apakah jenis masker yang berbeda saat dipakai berolahraga mendatangkan dampak yang berbeda pula.

Lalu, seberapa sering masker itu harus diganti ketika seseorang melakukan aktivitas fisik semacam itu?

Juga, yang tak kalah penting adalah seberapa siap jantung kita untuk menerima beban latihan dari sebuah olahraga, ditambah dengan penggunaan masker tersebut. 

Rekomendasi resmi yang muncul selama ini mengimbau setiap orang untuk mengenakan masker katika berada di ruang publik.

Hal ini demi menjaga kemungkinan penularan virus corona yang berjangkit melalui media respirasi.

Rekomendasi ini menjadi sangat berat saat berolahraga, karena penelitian sebelumnya menunjukkan, tingkat pernapasan dapat berlipat 2-4 kali lipat ketika berolahraga.

Baca juga: Yang Harus Diperhatikan Saat Memakai Masker di Tengah Cuaca Panas

Di sisi lain, olahraga pun memicu jumlah tetesan (droplet) tubuh yang lebih besar, dan selama ini dikenal sebagai media penularan Covid-19. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X