4 Tips Belanja Online Kosmetik agar Tetap Aman Dipakai

Kompas.com - 24/06/2020, 16:52 WIB
Press Release penggerebekan obat, kosmetik dan makanan ilegal oleh BPOM di Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/12/2019) KOMPAS.COM/JIMMY RAMADHAN AZHARIPress Release penggerebekan obat, kosmetik dan makanan ilegal oleh BPOM di Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/12/2019)

KOMPAS.com - Tingginya kebutuhan perempuan untuk tampil cantik dan prima membuat semakin banyak merek kosmetik bermunculan, termasuk melalui platform online.

Misalnya, melalui marketplace dan media sosial.

Namun sejalan dengan itu, menjamurnya merek kosmetik pun memunculkan banyak kosmetik ilegal.

Alih-alih menjadi cantik, kulit pengguna justru bisa menjadi rusak jika menggunakan kosmetik dengan kandungan yang berbahaya.

Baca juga: Agar Peralatan Kosmetik Bebas dari Virus Corona

Oleh karena itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) pun terus mengedukasi masyarakat agar lebih memahami cara memilih kosmetik yang aman.

"Sehingga masyarakat bisa melindungi dirinya sendiri dari kosmetik yang dijual secara online, yang mungkin tidak terdaftar atau memakai bahan berbahaya."

Demikian diungkapkan Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Dra. Mayagustina Andarini, Apt, M.Sc.

Dia berbicara dalam Live Zoom bertajuk "Tetap Sehat dan Menarik di Era Pandemi Covid-19", Rabu (24/6/2020).

Lalu, bagaimana cara mengecek apakah kosmetik yang kita beli secara online aman digunakan?

Maya menyebutkan, ada empat tahap yang tergabung dalam cek KLIK (Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa).

Baca juga: Perlengkapan Kosmetik Bisa Jadi Sarang Covid-19, Mungkinkah Dicegah?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X