Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2020, 23:59 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

KOMPAS.com - Kita semua tahu bahwa variasi makanan pada dasarnya tidak ada habisnya, banyak dari kita yang tumbuh dengan terbiasa mengonsumsi jenis makanan tertentu sepanjang hidup, kalaupun ada variasi, biasanya itu berkaitan dengan berbagai cara menyiapkan makanan ini.

Meski itu baik-baik saja, melakukan hal tersebut bisa menghilangkan semua kemungkinan dan peluang tanpa akhir yang sebenarnya bisa kita dapatkan dari makanan, dari kesehatan hingga sekadar kesenangan.

Karena itu, berikut adalah 4 alasan utama mengapa kamu harus memperbaiki pola makanmu mulai sekarang:

Variasi

Jika kamu terbiasa mengonsumsi jenis makanan tertentu, maka memperkenalkan perubahan melalui variasi akan terasa membingungkan pada awalnya.

Tapi, itu tetap lebih baik ketimbang kamu terjebak pada makanan itu-itu saja.

Untuk membuatnya lebih mudah, ada baiknya kamu berkonsultasi pada ahli gizi, yang kemungkinan besar akan menunjukkan daftar besar kategori makanan yang perlu kamu sertakan dalam menu makanan sehari-hari, dan bahkan beberapa di antaranya mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya.

Baca juga: Turun Berat Badan hingga 20 Kg, Pria Ini Berbagi Tips Jalani Diet Keto

Melakukan Perubahan

Jika kamu berpikir untuk hidup panjang umur dan sehat, maka penting untuk mengetahui bahwa langkah pertama adalah mengubah pola makan, lalu memastikan bahwa tubuh tidak akan pernah kekurangan nutrisi tertentu.

Misalnya, memasuki usia dewasa berarti risiko mengalami kenaikan berat badan di beberapa titik tubuh akan meningkat, sehingga kita harus menyesuaikannya.

Kuncinya adalah beradaptasi dan memahami bahwa ada beberapa jenis makanan yang harus ditinggalkan seiring bertambahnya usia.

Pengetahuan baru

Manusia terus berevolusi, termasuk soal makanan yang kita makan. Dengan demikian, apa yang kamu ketahui dari satu dekade lalu mungkin berbeda dengan sekarang.

Sebagai contoh, dulu mungkin orang hanya mengenal nasi sebagai sumber karbohidrat, tapi kini ada berbagai pilihan sumber karbohidrat yang lebih sehat dari nasi.

Tujuan yang terlewatkan

Jika sudah berusaha keras mengatur pola makan tetapi masih belum mencapai tujuan kesehatan yang kamu harapkan, maka sudah saatnya untuk melihat kembali diet yang kamu jalani.

Duduk dan luangkan waktu untuk memeriksa apa yang kamu makan, kemudian pastikan kamu tetap menjaga asupan yang membantumu mencapai tujuan, dan menghindari makanan yang cenderung menghambat tujuan dan memiliki efek buruk pada kesehatan.

Baca juga: 6 Buah yang Cocok untuk Diet Sekaligus Bermanfaat untuk Kesehatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com