5 Jenis Diet yang Terbukti Efektif Secara Ilmiah

Kompas.com - 25/06/2020, 12:48 WIB
Ilustrasi diet rendah karbohidrat armano777Ilustrasi diet rendah karbohidrat

KOMPAS.com - Ada berbagai jenis diet atau pola makan yang bisa kita terapkan sesuai gaya hidup. Meski begitu, kunci utamanya adalah menentukan mana yang paling cocok untuk tubuh kita dan bisa kita jalankan dalam waktu lama.

Beberapa jenis diet terbukti efektif dan berdampak menyehatkan bagi tubuh secara ilmiah. Jika kamu masih mencari inspirasi diet yang cocok dan aman dilakukan, lima jenis diet berikut bisa kamu coba, seperti dilansir dari Healthline:

1. Diet rendah karbohidrat, pangan alami

Diet ini sangat sempurna untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, meningkatkan kualitas kesehatan dan menurunkan risiko terkena penyakit.

Pola makan ini sangat fleksibel, dengan memungkinkan kita untuk menyesuaikan asupan karbohidrat tergantung dari target kita.

Pada intinya, diet ini menekankan pada pentingnya memperbanyak konsumsi serat, sayur-sayuran, daging, ikan, telur, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lemak sehat, namun minim makanan tepung-tepungan, gula dan makanan olahan.

Baca juga: Diet Keto atau Diet Rendah Karbohidrat, Mana Lebih Baik?

2. Diet Mediterania

Pola makan yang pernah dinobatkan sebagai diet terbaik versi U.S. News & World Report ini telah terbukti secara ilmiah merupakan pola makan yang sehat. Diet Mediterania juga dinilai efektif untuk mencegah penyakit jantung.

Diet ini menekankan pada konsumsi makanan yang banyak ditemui di wilayah Mediterania selama abad ke-20. Beberapa jenis makanan yang disarankan antara lain berbagai jenis sayur-sayuran, buah, ikan, unggas, gandum utuh, legume, produk susu, hingga minyak zaitun murni.

Ilustrasi diet mediteraniashutterstock Ilustrasi diet mediterania

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Healthline
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X