Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/06/2020, 12:48 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Ada berbagai jenis diet atau pola makan yang bisa kita terapkan sesuai gaya hidup. Meski begitu, kunci utamanya adalah menentukan mana yang paling cocok untuk tubuh kita dan bisa kita jalankan dalam waktu lama.

Beberapa jenis diet terbukti efektif dan berdampak menyehatkan bagi tubuh secara ilmiah. Jika kamu masih mencari inspirasi diet yang cocok dan aman dilakukan, lima jenis diet berikut bisa kamu coba, seperti dilansir dari Healthline:

1. Diet rendah karbohidrat, pangan alami

Diet ini sangat sempurna untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, meningkatkan kualitas kesehatan dan menurunkan risiko terkena penyakit.

Pola makan ini sangat fleksibel, dengan memungkinkan kita untuk menyesuaikan asupan karbohidrat tergantung dari target kita.

Pada intinya, diet ini menekankan pada pentingnya memperbanyak konsumsi serat, sayur-sayuran, daging, ikan, telur, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lemak sehat, namun minim makanan tepung-tepungan, gula dan makanan olahan.

Baca juga: Diet Keto atau Diet Rendah Karbohidrat, Mana Lebih Baik?

2. Diet Mediterania

Pola makan yang pernah dinobatkan sebagai diet terbaik versi U.S. News & World Report ini telah terbukti secara ilmiah merupakan pola makan yang sehat. Diet Mediterania juga dinilai efektif untuk mencegah penyakit jantung.

Diet ini menekankan pada konsumsi makanan yang banyak ditemui di wilayah Mediterania selama abad ke-20. Beberapa jenis makanan yang disarankan antara lain berbagai jenis sayur-sayuran, buah, ikan, unggas, gandum utuh, legume, produk susu, hingga minyak zaitun murni.

Ilustrasi diet mediteraniashutterstock Ilustrasi diet mediterania

3. Diet Paleo

Diet ini sangat populer dan dinilai efektif untuk mengejar target penurunan berat badan dan peningkatan kualitas kesehatan.

Pelaku diet Paleo fokus mengurangi bahkan menghindari makanan olahan, gula rafinasi, pemanis buatan, produk susu, dan kacang-kacangan. Ini dimaksudkan untuk meniru cara leluhur manusia makan.

Karena tidak menyertakan jenis makanan ringan populer, menerapkan diet Paleo mungkin terdengar sulit. Namun kini, ada banyak makanan ringan di toko yang dibuat khusus untuk pelaku diet paleo.

Baca juga: Mengenal Diet Pegan, Kombinasi Diet Paleo dan Vegan

4. Diet Vegan

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com