Bugar dan Sehat, Mengapa Atlet Bisa Terinfeksi Covid-19?

Kompas.com - 25/06/2020, 17:28 WIB
Petenis Serbia Novak Djokovic berselebrasi setelah mengalahkan Dominic Thiem dari Austria pada final tunggal putra mereka turnamen tenis Australian Open 2020 di Melbourne pada 2 Februari 2020. AFP/SAEED KHANPetenis Serbia Novak Djokovic berselebrasi setelah mengalahkan Dominic Thiem dari Austria pada final tunggal putra mereka turnamen tenis Australian Open 2020 di Melbourne pada 2 Februari 2020.


KOMPAS.com - Virus corona telah menginfeksi satu juta orang di seluruh dunia. Virus Covid-19 memang tidak pandang bulu menginfeksi korbannya, termasuk para atlet yang bugar dan sehat.

Beberapa waktu lalu diberitakan beberapa pesepakbola dan juga pemain basket NBA terkena Covid-19. Yang terbaru, virus ini juga menginfeksi petenis nomer satu Novak Djokovic.

Secara umum virus corona akan menginfeksi orang yang kekebalan tubuhnya rendah. Untuk memiliki daya tahan tubuh yang prima dibutuhkan terpenuhinya berbagai faktor, misalnya pola makan, pola aktivitas, stres, hingga waktu istirahat yang cukup.

Menurut Dosen Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Rimbawan, jika pola makan bagus tetapi aktivitasnya berlebihan atau sangat kurang, daya tahan tubuh bisa rendah sehingga rentan terkena penyakit.

"Orang yang pola makannya bagus tapi aktivitasnya terlalu berat, maka stres oksidatif dalam tubuhnya juga meningkat sehingga imunitas turun," kata Rimbawan dalam acara webinar Nutrition Talk yang diadakan oleh Herbalife Nutrition (24/6).

Baca juga: Efek Negatif Olahraga Berlebihan pada Kekebalan Tubuh

Ia menambahkan, beberapa olahragawan melakukan latihan secara berlebihan tanpa mempertimbangkan faktor stres oksidatif dan mengabaikan kesehatan.

"Bisa karena pelatihnya kurang memperhatikan atau atlet-nya yang bandel karena ingin meningkatkan performa sehingga latihan terlalu keras," ujarnya.

Penelitian menunjukkan, latihan olahraga yang dilakukan dengan durasi lebih dari tiga jam bisa membuat daya tahan tubuh malah turun.

"Hindari olahraga melebihi kapasitas diri," saran Rimbawan.

Nutrisi seimbang

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X