Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Indah, Beberapa Jenis Batu Diyakini Memiliki Efek Menyembuhkan, Benarkah?

Kompas.com - Diperbarui 12/02/2023, 07:44 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Selain pengobatan medis yang kita kenal, saat ini banyak orang mencoba pengobatan alternatif dan pengobatan komplementer untuk menyembuhkan penyakit maupun mendapatkan kondisi fisik dan mental yang lebih baik.

Pengobatan alternatif bisa mencakup banyak hal, termasuk akupunktur, herbal, yoga, tai chi, reiki, prana, hingga penggunaan kristal untuk menyembuhkan.

Kristal, yang berupa batu-batu indah, bukanlah barang baru dalam peradaban manusia. Kita masih ingat demam mengumpulkan batu akik dan sejenisnya beberapa waktu lalu. Dan belum lama ini, seseorang pria di Tanzania menemukan batu tanzanite langka yang membuatnya menjadi miliarder.

Batu kristal memang lebih sering dipakai sebagai perhiasan. Namun sebagian masyarakat mempercayai ada khasiat tertentu yang dimiliki batu-batu tersebut. Hal ini tidaklah asing, karena dalam pelajaran fisika, kita mengetahui bahwa setiap benda memiliki energi.

Ada banyak jenis kristal yang berbeda yang dipakai dalam dunia crystal healing, masing-masing memiliki kemampuan penyembuhan tersendiri untuk pikiran, tubuh, dan jiwa.

Kristal-kristal ini dianggap mampu mendorong aliran energi yang baik dan membantu membersihkan tubuh dan pikiran dari energi negatif untuk manfaat fisik dan emosional.

Secara historis, kristal disebut-sebut sebagai bentuk pengobatan kuno, dengan filosofi yang dipinjam dari agama Hindu dan Budha.

Namun sejauh ini tidak banyak bukti ilmiah yang mendukung penggunaan kristal dalam penyembuhan. Meskipun demikian, orang masih tertarik pada warna dan keindahan batu-batu itu.

Bila kamu ingin mencoba pengobatan kristal, maka kuncinya adalah mindfulness, terbuka, dan menerima. Ini berkaitan dengan penelitian yang menyebutkan bahwa pikiran seseorang memiliki kekuatan penyembuhan yang jauh lebih besar daripada yang kita ketahui.

Jenis kristal untuk penyembuhan

Meskipun tidak ada banyak riset ilmiah yang membenarkan keampuhan kristal dalam menyembuhkan, namun sejumlah orang mengaku mendapat manfaat dari cara ini.

Jadi, jika kamu penasaran untuk mencobanya, pastikan untuk berpikiran terbuka dan carilah batu yang cocok untuk masing-masing orang.

Untuk membantu memulai, situs Healthline menyusun panduan sederhana dari beberapa kristal yang paling banyak dipakai dan populer. Kristal apa saja itu?

Ilustrasi batu kristalpinterest Ilustrasi batu kristal

Clear quartz atau kuarsa bening

Kristal bening ini dianggap sebagai "penyembuh utama" karena kemampuan memperkuat energi dengan menyerap, menyimpan, melepaskan, dan mengaturnya. Kristal bening juga disebut bisa membantu konsentrasi dan memori.

Secara fisik, kristal yang jernih ini diklaim dapat membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dan menyeimbangkan seluruh tubuh. Batu ini sering dipasangkan dengan batu lain seperti rose quartz untuk meningkatkan efeknya.

Rose quartz

Seperti namanya, batu merah muda ini berhubungan dengan cinta dan kasih sayang. Ia disebut bisa membantu memulihkan kepercayaan dan harmoni dalam hubungan sekaligus meningkatkan kodekatan. Rose quartz juga diklaim membantu memberikan kenyamanan dan ketenangan saat sedih.

Halaman:
Sumber Healthline
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com