Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tom Holland dan Pesohor Lain Istirahat Medsos demi Kesehatan Mental

Kompas.com - 26/06/2020, 19:34 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengambil jeda sejenak dari media sosial penting dilakukan untuk kesehatan mental.

Laman Psychology Today, misalnya, pernah menuliskan bahwa media sosial memang bisa mendekatkan individu dan komunitas dalam sebauh platform yang mudah diakses. Namun, seiring berjalannya waktu, media sosial semakin sulit dikontrol.

Sejumlah penelitian bahkan menunjukkan bahwa penggunaan media sosial bisa memicu depresi, kepercayaan diri rendah, masalah citra tubuh, kecemasan, isolasi sosial, dan masalah kesehatan mental lainnya.

Baca juga: Simak, Panduan Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Tak hanya untuk masyarakat umum, jeda media sosial ternyata juga penting bagi para pesohor.

Beberapa ternyata sudah melakukannya demi kesehatan mental dan menyegarkan kembali pikiran mereka.

Dari Tom Holland, Selenda Gomez, hingga Kanye West, berikut daftar pesohor tersebut:

Artis peran Tom Holland mengaku sangat merinduan untuk bisa kembali ke Bali.Dokumen Instagram Tom Holland Artis peran Tom Holland mengaku sangat merinduan untuk bisa kembali ke Bali.

1. Tom Holland

Saat ini, akun media sosial bintang Marvel ini memang masih aktif. Namun, ia pernah mengungkapkan kepada E! News pada Februari 2020 lalu bahwa ia harus menghapus aplikasi Instagram di ponselnya.

"Instagram seperti mengambil alih hidupku, dulu aku seperti terobsesi dengan ini. Seperti banyak likes yang aku dapatkan" "Si ini melakukan apa" "Dia melakukan apa?". Aku merasa lebih fokus pada kehidupan Instagram, bukan kehidupan nyataku," katanya, seperti dilansir usmagazine.com.

Setelah menghapus aplikasi Instagram, Tom ingin lebih fokus pada dirinya dan masa depan. Kini, ia merasa puas dengan keputusan yang diambil.

Baca juga: 13 Hal yang akan Terjadi Ketika Tak Ada Media Sosial

Aktor Channing Tatum menghadiri WSJ. Magazine 2018 Innovator Awards Sponsored By Harry Winston, FlexJet & Barneys New York. New York City, pada 7 November 2018.Lars Niki/Getty Images for WSJ. Magazine Innovators Awards/AFP Aktor Channing Tatum menghadiri WSJ. Magazine 2018 Innovator Awards Sponsored By Harry Winston, FlexJet & Barneys New York. New York City, pada 7 November 2018.

2. Channing Tatum

Bintang Magic Mike ini mengumumkan keputusan untuk jeda media sosial pada Agustus 2019.

Saat itu ia Channing mengatakan dirinya hanya akan pergi sejenak untuk fokus pada kreativitasnya.

Dalam sebuah unggahan Instagram, ia menulis: "Jujur, aku tidak merasa punya kreativitas dalam sosial di beberapa tahun terakhir. Aku mau pergi dan berada di dunia nyata untuk sementara, mematikan ponselku."

3. Lil Xan

Rapper Lil Xan mengumumkan jeda media sosial pada April 2018, sambil mengatakan bahwa ia "sedih, marah, bingung", setelah tunangannya, Annie Smith memalsukan kehamilan dan kegugurannya.

"Aku Cinta kalian, apa pun yang terjadi, dan bagi semua pembenci, jangan ragu untuk menggunakan aku sebagai samsak untuk rasa tidak amanmu sendiri," tulisnya di Instagram saat itu.

"Akan pergi untuk sementara waktu, perlu untuk menjauh dari iblis (media sosial) tetapi jika kalian melihatku di jalan, katakan apa kabar?"

Baca juga: Dampak Buruk Berdebat di Media Sosial untuk Kesehatan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com