Tips Mengetahui Kamar Hotel Sudah Dibersihkan dengan Benar

Kompas.com - 28/06/2020, 13:54 WIB
ILUSTRASI - Kamar Hotel Shutterstock/Dragon ImagesILUSTRASI - Kamar Hotel

KOMPAS.com— Menginap di hotel untuk urusan pekerjaan mau pun berekreasi bersama keluarga terasa berbeda di tengah masa pandemi virus corona. Kita tentu jadi lebih berhati-hati, terutama soal kebersihan.

Kita tentu harus mengetahui bagaimana hotel yang kita pilih menjaga kebersihan mereka agar kita bisa menginap dengan nyaman dan tentu terhindar dari virus yang mungkin menempel di permukaan.

Hanya dengan melihat sekilas kerapihan kamar saja sebenarnya belum cukup untuk mengetahui apakah kamar kita benar-benar telah dibersihkan dengan benar.

Sebenarnya ada beberapa indikator yang dipegang oleh pembersih profesional dan kita dapat menggunakannya untuk memeriksa kebersihan ruangan.

Baca juga: Cara Reschedule Kamar Hotel di Jaringan Hotel Dafam Terkait Virus Corona

1. Periksa apakah ada air yang tertinggal di mesin kopi atau ketel listrik

Jika kamu masuk ke sebuah ruangan dan ingin membuat secangkir kopi atau teh panas yang enak namun menemukan air yang tersisa di dalam mesin, itu adalah tanda kamar itu tidak dibersihkan maksimal.

Menurut Top Cleaners London, perusahaan penyedia jasa tenaga pembersih, sisa air dalam ketel adalah indikator yang jelas bahwa petugas housekeeping kurang teliti dalam tugasnya.

Queen bed di kamar hotelShutterstock Queen bed di kamar hotel

2. Periksa bingkai jendela

Saat masuk ke kamar hotel, cek jejak kebocoran karena hujan, jamur pada kusen jendela, dan serangga yang mati.

"Jika kamu menemukan bangkai lalat di bawah jendela, berarti ruangan ini belum dibersihkan dengan benar dalam waktu yang lama," kata tim dari Top Cleaners London.

Baca juga: Siap-siap, Perangkat Canggih Ini Akan Melayani Anda Saat Hotel Kembali Dibuka

3. Periksa bak mandi dan saluran air

Menemukan gumpalan rambut yang bukan milik kita di bak mandi dan saluran air bukanlah pertanda baik. Selain itu, jika ada bau menyengat dari kamar mandi, itu juga bisa jadi tanda masalah jamur di ruangan itu.

4. Periksa seprai

Selain seprai yang bersih, bebas dari bau, sangat penting untuk memeriksa apakah ada noda dan kotoran serangga di tempat tidur.

Tentu ada alasan kuat mengapa hotel menggunakan seprai warna putih, yakni karena mudah terlihat ketika memang ada noda dan membuktikan standar kebersihannya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X