Kompas.com - 29/06/2020, 15:16 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Bukan pernikahan namanya jika dalam perjalanannya tak diwarnai dengan keadaan pasang dan surut.

Suami dan istri adalah dua pribadi yang berbeda, yang memutuskan untuk membentuk keluarga dalam ikatan pernikahan.

Namun, perlu diingat, perbedaan tetap ada di sana. Hanya pengertian dan komunikasi yang baik yang memungkinkan masalah yang muncul bisa diatasi dengan baik pula.

Lagi pula, bagaimana suami -misalnya, bereaksi, seringkali disebabkan bagaimana istri merespons kejadian serupa sebelumnya.

Baca juga: Ketika Suami Lebih Cinta Hobi ketimbang Istri...

Lagi-lagi, hal ini pun terjadi dalam urusan hobi dan kegemaran masing-masing pasangan.

Ada banyak suami yang beruntung memiliki istri yang memiliki pengertian, sehingga hobi dan kegemaran pun bisa dilakukan tanpa masalah.

Hendra (45) salah satunya. Warga Karang Tengah, Cilandak, Jakarta Selatan ini memiliki istri bernama Damayanti (45), dengan dua orang anak.

Hendra yang adalah seorang arsitek yang memiliki firma sendiri. Di waktu luangnya, Hendra menjalani sederet hobi, mulai dari mendaki gunung, bersepeda, dan menyelam.

Bahkan, dalam beberapa minggu terakhir, Hendra terlihat mulai menunjukkan minatnya untuk meminang motor gede Harley Davidson.

Dia mulai mengunggah foto-foto dirinya dengan motor buatan Amerika Serikat, yang menjadi idamannya.

Baca juga: Beli Brompton Rp 40 Juta, Ngaku ke Istri Rp 14 Juta, Gimana Ini?

Lalu, bagaimana reaksi Damayanti dengan sederet hobi mahal sang suami?

Damayanti mengaku tak memiliki ganjalan apa pun dengan kegemaran suaminya. "Memang hobinya begitu gimana dong?" cetus dia kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

"Buat gue, suami itu sudah kerja banting tulang buat istri dan anak, yang gak papalah mereka punya hobi," sambung ibu rumah tangga ini.

"Biar ajalah selama enggak punya hobi cunihin (genit) sama cewek," kata Damayanti lagi.

Damayanti mengaku memilih untuk "menutup mata" soal barang belanjaan suaminya yang menyangkut hobi.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Dipelajari Suami Istri dari Perceraian Pasangan Lain

"Dan, dia biasanya juga beli beli enggak pake bilang, tau-tahu ada aja sepeda baru," cetusnya.

"Pusing, bisa berantem enggak berkesudahan kalo jadi istri yang rese," kata dia lagi.

"Jadi kalo nanya-nanya harga, (dia jawab) entah bener atau enggak, jadi enggak pernah nanya-nanya juga gue, daripada sakit hati."

Damayanti juga menyebut, pengertian sang suami menjadi hal yang juga sangat penting dalam urusan ini.

"Jadi kalo gue minta-minta jangan susah," cetus dia sambil tertawa.

"Tapi, gue bukan istri yang banyak minta juga sih, dikasih ya syukuri aja," kata dia lagi.

Istri bawel bikin suami suka bohong

Psikolog Keluarga dari Rumah Dandelion, Nadya PramesraniNadya Pramesrani Psikolog Keluarga dari Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani
Dalam perbincangan dengan Kompas.com, Psikolog Keluarga dan Pernikahan dari Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani juga menyinggung tentang masalah ini. 

"Kasus yang pernah aku tangani, demi hobi bisa sampai berutang. Ada juga yang demi hobinya sampai kebutuhan keluarga tidak dipenuhi," sebut Nadya. 

Dalam kaitan dengan hal ini, Nadya yang selalu mengatakan hobi adalah bentuk kebutuhan manusiawi, menekankan pentingnya pemahaman kedua belah pihak.

Menurut dia, hobi bisa dilanjutkan selama segala kebutuhan rumah tangga dan keluarga sudah terpenuhi.

Baca juga: Ini 5 Kalimat Bohong dari Mulut Wanita, Jangan Langsung Percaya...

"Seringkali suami enggak jujur untuk hobinya habis berapa. Tapi menurutku, kadang suami nggak mau jujur karena istrinya bawel," sebut dia. 

Suami kerap dihadapkan pada kondisi di mana, ketika dia berbicara terbuka dan jujur, justru malah dimarahi oleh pasangannya.

"Padahal kalo suami berbohong, istri pun merasa dibohongi," sebut dia.

Jadi, kata Nadya, kunci dari semuanya adalah komunikasi.

"Aku selalu bilang, kalau uangnya ada, kebutuhan keluarga terpenuhi, tidak sampai berutang demi hobi dan lifestyle, lalu ada sisa uang untuk hobi, itu nggak masalah," tegas dia.

Nadya mengingatkan, hobi adalah salah satu bentuk self love, self care. Ada kebutuhan bagi setiap manusia untuk bersenang-senang, dan agar keseharian tidak hanya menikmati rutinitas atau kewajiban.

"Pahami hal itu adalah kebutuhan individu, kemudian dibicarakan bagaimana suami-istri bisa saling support untuk masing-masing memenuhi kebutuhan tersebut," kata Nadya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.