Pangeran Harry Mengenang Putri Diana dalam Pidato di Diana Awards

Kompas.com - 02/07/2020, 10:58 WIB
Pangeran Harry saat berada di London Marathon Pangeran Harry saat berada di London Marathon

KOMPAS.comPangeran Harry menyampaikan pidato untuk acara Diana Awards yang digelar secara virtual Rabu (1/7/2020) waktu setempat.

Acara tersebut merupakan bagian dari upacara penghargaan tahunan bagi para pemuda Inggris yang meneruskan warisan amal mendiang sang putri. Acara digelar pada tanggal yang seharusnya menjadi hari ulang tahun ke-59 Putri Diana.

Dalam pidatonya pangeran Harry mengungkapkan rasa bangga dan terima kasihnya pada para orang muda yang masih menghormati warisan mendiang ibunya.

“Kalian semua melakukan pekerjaan yang luar biasa, dan di waktu yang penuh ketidakpastian, kalian telah menemukan kekuatan dan inspirasi di dalam dirimu untuk membuat hal positif pada dunia. Dan saya suka The Diana Award dapat membantumu melakukannya,” imbuhnya.

Baca juga: Pangeran Harry Dukung Program Penghapusan Stigma HIV/AIDS

Harry paham betul bagaimana Diana menjadi inspirasi banyak orang di dunia.

“Seperti kalian semua, dia (Diana) tidak pernah mengambil jalan yang mudah atau yang populer, atau yang nyaman. Tapi dia membela sesuatu, dan dia membela orang yang membutuhkannya, "lanjutnya.

"Saat ini, kita melihat situasi di seluruh dunia di mana perpecahan, isolasi, dan kemarahan mendominasi, ketika rasa sakit dan trauma muncul ke permukaan. Tapi saya melihat harapan besar pada orang-orang seperti kalian, dan saya yakin tentang masa depan dunia dan kemampuannya untuk menyembuhkan, karena itu ada di tanganmu,” lanjutnya.

Harry juga menyinggung gerakan Black Lives Matter saat ini yang terjadi di seluruh Amerika dan bagaimana dia dan Meghan merasa bahwa generasi mereka belum cukup berbuat untuk menghilangkan rasisme institusional di Amerika Serikat dan seluruh dunia.

Meskipun Harry dan Meghan tidak lagi menjadi bangsawan yang aktif bekerja sejak mereka mundur pada musim semi ini, pasangan ini tetap menjadi satu-satunya anggota keluarga kerajaan yang berbicara mengenai perjuangan untuk persamaan ras di Amerika.

"Istri saya baru-baru ini mengatakan bahwa generasi kita dan generasi sebelum kita belum melakukan cukup banyak untuk memperbaiki kesalahan masa lalu. Saya juga minta maaf, maaf bahwa kita belum membawa dunia menjadi seperti yang diinginkan, ”kata Harry.

"Rasisme institusional tidak memiliki tempat di masyarakat kita, namun ini masih endemik. Bias yang tidak disadari harus diakui tanpa menyalahkan untuk menciptakan dunia yang lebih baik bagi kalian semua."

Harry menambahkan bahwa dia dan Meghan tetap berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi dan menjadi bagian dari perubahan.




Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X