Kantong Keresek Dilarang, Ini Alternatif Penggantinya yang Ramah Lingkungan

Kompas.com - 02/07/2020, 11:41 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi


KOMPAS.com - Pemerintah DKI Jakarta secara resmi melarang pedagang di pasar dan pusat perbelanjaan menyediakan kantong keresek sekali pakai. Jangan lupa untuk selalu membawa kantong belanja alternatif yang bisa dipakai ulang.

Berikut adalah beberapa kantong belanja yang lebih ramah lingkungan.

Ilustrasi kantong kertas alias paper bag. Ilustrasi kantong kertas alias paper bag.

- Kantong kertas
Jika dibandingkan dengan kantong plastik sekali pakai, kantong kertas (paper bags) 100 persen bisa didaur ulang, mudah terurai, dan dapat dipakai berulang. Kekurangan dari kantong ini adalah tidak dapat membawa beban terlalu berat.

Kantong kertas pada umumnya memiliki dua jenis warna, coklat dan putih. Walau kantong kertas coklat lebih banyak dipakai tapi kantong berwarna putih lebih unggul dalam menampilkan logo brand.

Baca juga: Alternatif Bungkus Makanan Mentah dan Matang Selain Kantong Plastik

Ilustrasi. Ilustrasi.

- Tas kanvas
Tas ini terbuat dari material katun yang lebih tahan lama dan bisa dibuat dalam berbagai ukuran dan bentuk. Dibandingkan dengan tas katun biasa, tas kanvas lebih ringan dan murah. Kelebihan lain adalah bisa dicuci berulang kali dan dipakai ulang sampai rusak. Kita bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah jika materialnya tersedia.

- Tas katun
Tas katun dianggap lebih ramah lingkungan karena lebih mudah terurai dan bisa dipakai ulang. Yang lebih menarik adalah bahan baku tas ini merupakan sumber terbarukan karena berasal dari perkebunan kapas.

Meski pun perkebunan kapas berbiaya tinggi karena kebutuhan air dan pestisida yang besar, namun para ahli menilai bahan ini merupakan alternatif yang baik dibanding plastik.

Baca juga: Tak Semua Produk Plastik Bebas BPA Aman

- Tas rami
Tas rami atau goni sebenarnya sudah sejak lama dipakai. Dibanding jenis tas lain, tas dengan material goni ini lebih kuat dan awet. Seperti halnya kapas, rami juga berasal dari sumber terbarukan yang mudah terurai. Tanaman rami juga bisa membersihkan udara karena mengonsumsi CO2. Tas ini juga bisa terurai secara biologi dalam dua tahun tanpa menyebabkan kerusakan lingkungan.

Warga memajang hasil anyaman purun di halaman rumah.KOMPAS.com/ANDI MUHAMMAD HASWAR Warga memajang hasil anyaman purun di halaman rumah.

- Tas anyaman
Tas yang terbuat dari anyaman bisa terkesan rustic dan tak pernah ketinggalan zaman. Kita juga bisa mempercantik tas ini dengan memberi tambahan syal kecil atau menempelkan bunga. Tas yang bisa dibuat dengan beragam ukuran ini juga kuat membawa beban cukup berat.



Sumber Medium
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X