Kompas.com - 03/07/2020, 08:07 WIB
ILUSTRASI PixabayILUSTRASI

KOMPAS.com – Makanan dan minuman manis memang enak dan bagi sebagian orang bisa memberi efek bahagia sesaat. Namun begitu, jika kita tidak mengontrol diri, candu asupan mengandung gula berpotensi menimbulkan penyakit.

Konsumsi gula secara berlebihan akan membuat tubuh menyimpannya dalam bentuk lemak dan ditimbun, terutama di jantung dan perut.

“Jaringan lemak yang berada di sekeliling hati dan perut akan melepaskan senyawa kimia ke dalam tubuh yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Mulailah membatasi asupan gula tambahan,” kata peneliti So Yun Yi, kandidat PhD, yang melakukan studi mengenai bahaya gula.

Dalam risetnya, Yi mengamati konsumsi minuman manis dan juga makanan mengandung gula tinggi dalam jangka panjang serta kaitannya dengan timbunan lemak di sekitar jantung dan organ lain.

Baca juga: Ayo Jauhi Gula di Masa Pandemi Virus Corona, Mengapa?

Data dalam penelitian ini meliputi 3.000 orang dewasa sehat di Amerika yang diikuti riwayat kesehatannya selama 20 tahun.

Simpanan lemak di sekitar organ dalam sangat terkait dengan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Mengurangi kecanduan akan makanan dan minuman manis memang tidak mudah, apalagi kita dapat dengan mudah mengaksesnya karena dijual di mana-mana.

Kementerian Kesehatan sudah mengatur asupan gula harian yang dianjurkan. Dalam sehari, kita hanya boleh mengonsumsi lima sendok makan gula atau setara sekitar 50 gram.

Angka itu adalah akumulasi dari semua makanan dan minuman mengandung gula yang kita konsumsi dalam sehari.

Selain gula, konsumsi minyak dan garam juga harus diperhatikan.

Baca juga: Waspada, Terlalu Banyak Lemak di Hati Bisa Berujung Kanker



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X