Kompas.com - 03/07/2020, 10:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.comKutil dan cara menghilangkannya barangkali merupakan kondisi yang diam-diam banyak di-googling orang karena malu untuk meminta saran ke teman atau dokter. Walau kutil dianggap memalukan, namun kondisi ini ternyata sering ditemui.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), kutil merupakan benjolan pada kulit yang berakar di permukaan kulit. Ada beragam jenis kutil tetapi semuanya disebabkan oleh virus HPV (human papillomavirus).

Virus ini memiliki lebih dari 150 jenis, termasuk yang dapat menyebabkan kutil kelamin dan kanker serviks.

“Ini adalah jenis virus yang sama yang menyebabkan kutil di seluruh tubuh, tapi jenisnya berbeda,” kata dokter spesialis obgyn Leah Millheiser dari California, Amerika.

Virus trsebut menyerang dan menyebabkan kelainan pada lapisan kulit, sehingga memproduksi keratin lebih banyak dari seharusnya. Kelebihan keratin itu akan menumpuk di permukaan kulit sehingga terbentuk tekstur kulit baru yang disebut kutil.

Baca juga: Vaksin HPV Bisa Mengobati Kutil?

Secara umum ada 5 jenis kutil:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kutil biasa (verruca vulgaris)
Kutil ini biasnaya ditemukan di tangan, siku, atau lutut. Biasanya bentuknya menonjol di kulit, kasar, dan sebagian ada yang tampak seperti kembang kol.

Menurut AAD, kutil biasa dapat ditemukan di tangan atau sekitar kuku dan bisa menyebar jika kita menyentuh wajah atau area tubuh lainnya. Terkadang kutil ini memiliki bintik kehitaman yang mirip dengan benih.

2. Kutil telapak kaki
Kutil juga dapat berkembang di telapak kaki yang berlubang di tengah dan kulit di sekitarnya mengeras. Awam menyebutnya dengan “mata ikan”.

“Penyebabnya karena ada tekanan pada telapak kaki dari berjalan atau berdiri. Kutil ini akan membuat kulit keras,” kata dokter dermatologi Robert Brodell.

Karena lokasinya, jenis kutil telapak kaki lebih sering ditemui pada orang yang banyak melakukan aktivitas tanpa alas kaki, termasuk anak-anak.

Baca juga: Mengapa Vaksin HPV untuk Cegah Kanker Serviks Diberikan Dua Kali?

3. Kutil pipih
Berbentuk benjolan kecil yang lembut dan datar, seringkali dalam jumlah sangat banyak. Kutil jenis ini biasanya ditemukan di area tubuh yang banyak terpapar sinar matahari seperti area wajah atau lengan. Pada pria biasanya di area dagu sementara wanita di bagian kaki.

Halaman:


Sumber allure.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.