Studi: Semakin Tua, Orang Makin Peduli Lingkungan

Kompas.com - 03/07/2020, 16:23 WIB
Ilustrasi berkebun DragonImagesIlustrasi berkebun

KOMPAS.com - Kepedulian terhadap lingkungan bisa meningkat seiring bertambahnya usia. Dibanding anak muda, ternyata orang lanjut usia mengaku mereka makin sadar untuk menjaga lingkungan.

Sebuah survei yang dilakukan terhadap 2.000 orang Amerika menunjukkan, 85 persen responden telah membuat satu perubahan positif dalam gaya hidup mereka selama setahun terakhir.

Kepedulian lingkungan yang mereka tunjukkan misalnya saja mengurangi pemborosan makanan, memilih produk yang memiliki label yang dapat ditelusuri bahan-bahannya.

Satu dari tiga responden mengaku mereka sudah mulai melakukan daur ulang lebih banyak dalam 12 bulan terakhir.

Sementara, 31 persen mengatakan telah mengurangi penggunaan plastik dan hampir 25 persen menghemat pemakaian air di rumah mereka.

Perubahan gaya hidup menjadi lebih "hijau" itu ada yang dilakukan setiap hari, tapi lebih banyak seminggu sekali.

Baca juga: Mekanisme Daur Ulang Sampah Elektronik yang Perlu Anda Ketahui

Dari hasil studi ditemukan, kesadaran lingkungan tampaknya tumbuh seiring waktu dan usia.
Hampir enam dari sepuluh orang mengaku lebih sadar lingkungan dibandingkan lima tahun lalu.

Responden juga rela membayar lebih mahal untuk membeli daging atau produk hewani lain jika mereka tahu hewan itu diperlakukan secara manusiawi.

Kesadaran akan lingkungan itu ternyata juga berdampak positif bagi cara mereka memandang diri.

Alasan terbesar partisipan yang disurvei adalah kekhawatiran dari pemanasan global. Sedangkan, 66 persen partisipan mengatakan, mereka peduli tentang melindungi ekosistem dan ingin membantu menyelamatkan hewan dari kepunahan.

Dua dari tiga orang Amerika yang disurvei mengaku peduli dengan produksi pangan berkelanjutan karena mereka khawatir tentang apa yang mereka makan.

Menariknya, minat yang semakin besar untuk lebih sadar lingkungan adalah pergerakan yang menular, di mana setengah dari partisipan mengatakan mereka telah memengaruhi orang lain untuk lebih sadar lingkungan.

Rata-rata responden menyebut, mereka telah memengaruhi tiga teman mereka.

Baca juga: Ini Harapan untuk Memperluas Gaya Hidup Hemat Air



Sumber FOXNEWS
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X