Benarkah Teh Hitam Juga Bisa Membantu Turunkan Berat Badan?

Kompas.com - 03/07/2020, 22:30 WIB
Ilustrasi teh hitam grafvisionIlustrasi teh hitam

KOMPAS.com - Sama seperti kopi, teh mungkin merupakan salah satu minuman terbaik yang dinikmati banyak orang di seluruh dunia, terlepas dari ras atau budaya.

Sangat menenangkan dan mudah disiapkan dan dinikmati, teh dapat dikonsumsi oleh siapa saja, memberikan rasa yang lebih ramah daripada kopi, yang terkadang terasa kuat dan menakutkan, terutama jika kamu bukan pencinta kopi.

Sama seperti minuman atau makanan sehat apa pun, teh juga memiliki banyak manfaat kesehatan, berkat kandungan antioksidan yang dikenal sebagai polifenol yang membantu melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan membuat kita aman dari penyakit.

Baca juga: Lebih Sehat Mana, Teh Hijau atau Teh Hitam?

Selain itu, antioksidan ini juga membantu tubuh kita dalam sistem metabolisme dan pencernaan, yang keduanya merupakan proses penting dalam tubuh kita.

Ada juga fakta yang menunjukkan, bahwa itu dapat membantu menghilangkan stres, serta membantu tidur di malam hari ketika kamu kesulitan untuk tidur.

Bukan hanya itu, kini teh bahkan bisa menjadi teman selanjutnya selama perjalanan penurunan berat badan.

Ini karena sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menemukan, bahwa konsumsi teh, khususnya teh hitam, tiga kali sehari selama periode tiga bulan dapat membantu menurunkan kelebihan berat badan, jika dibandingkan dengan orang yang minum jenis minuman lain.

Namun, hasil penelitian tersebut rupanya tidak bertahan lama. Karena enam bulan kemudian, ditemukan bahwa manfaatnya tidak bertahan dan tidak ada perbedaan lagi.

Baca juga: Bisa Bantu Diet, Kapan Waktu Terbaik Minum Teh Hijau?

Tetapi penelitian lain yang dilakukan beberapa tahun kemudian pada tahun 2017 menunjukkan, teh hitam dapat mempromosikan beberapa bentuk penurunan berat badan pada tikus.

Penelitian dilakukan oleh sekelompok peneliti yang berasal dari UCLA, penelitian ini menyatakan bahwa untuk mendapatkan manfaatmanfaat tersebut pada tubuh manusia, kita harus minum enam cangkir teh hitam sehari.

Sayangnya, jumlah ini tidak lagi layak dikonsumsi karena kandungan kafeinnya terlalu tinggi.

Dengan demikian, para peneliti menyimpulkan bahwa minum teh hitam tidak boleh dilakukan hanya untuk fokus pada penurunan berat badan.

Sebagai gantinya, konsumsi the hitam harus menjadi bagian dari pola makan sehat, sementara kita terus mendorong diri kita untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Bahaya Minum Teh Berlebih, Susah Tidur Hingga Ketergantungan



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X