Kompas.com - 06/07/2020, 10:08 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi


KOMPAS.com - Teknologi Augmented Reality (AR) kini mulai diterapkan di toko-toko kosmetik di Korea Selatan. Dengan begitu konsumen bisa nyaman berbelanja di tengah pandemi Covid-19.

Grup perusahaan kosmetik dan skincare Amorepacific telah menerapkan teknologi AR di flagship butiknya di Seoul.

Lewat cermin berteknologi AR, konsumen bisa mencoba apakah sebuah warna lipstik atau foundation bisa cocok di kulit, meski wajah masih tertutup masker.

Cermin akan memotret wajah konsumen dan menganalisisnya, merekomendasikan produk yang tepat berdasarkan tekstur kulit, serta masalah kulit lain seperti lingkaran hitam di mata atau kerutan.

Baca juga: Pergeseran Tren Kecantikan akibat Pandemi

Konsumen juga bisa melihat foto hasil computer generated image (CGI) untuk mengetahui bagaimana hasil shade warna lipstik, blush on, atau perona pipi yang dicoba.

"Karena virus corona, rasanya tidak nyaman untuk mencoba kosmetik setelah dipakai orang lain di toko," kata salah satu konsumen di Seoul, Cho Yu-lim (24).

Menurutnya, cermin berteknologi AR itu sangat nyaman dan memudahkannya menemukan warna yang tepat untuk warna kulitnya tanpa harus mencobanya langsung.

Dalam penerapan social distancing, pemerintah Korea Selatan mengeluarkan panduan bagi para pembelanja agar mencoba kosmetik di punggung tangan, bukan di wajah.

"Sebenarnya bikin frustasi jika tidak bisa mencoba kosmetik di wajah, tapi menyenangkan juga bisa menemukan produk yang tepat lewat teknologi AR," kata salah satu konsumen Son Da-hye.

Baca juga: Cegah Infeksi Corona, Hindari Pakai Sampel Produk di Toko Kosmetik

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.