Kompas.com - 06/07/2020, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Ketika memiliki target kebugaran spesifik, diperlukan latihan-latihan tertentu yang perlu dilakukan rutin. Termasuk target untuk mendapatkan kekuatan yang wajib melakukan latihan beban.

Tapi apa jadinya jika salah satu jenis latihan kekuatan dilakukan setiap hari dengan porsi yang sama?

YouTuber Laurie Shaw membuktikannya. Ia mencoba menjajal beragam tantangan latihan beban tubuh (bodyweight exercise challenge), mulai dari Bring Up Sally push up challenge, hingga melakukan 100 kali pull up setiap harinya selama seminggu.

Untuk target terbarunya, Shaw menaikkan sedikit standar hariannya dengan melakukan 200 repetisi push up setiap hari selama sebulan penuh. Itu dilakukannya untuk melihat apakah porsi latihan tersebut cukup untuk meningkatkan ketahanan fisik dan memunculkan otot tubuhnya.

Baca juga: Mari Mengenal Latihan Beban untuk Pemula...

Di awal video, ia mengungkapkan bahwa banyak orang mempertanyakan efektivitas push up yang dilakukan setiap hari.

Sebab, latihan kekuatan setiap hari tidak akan memberikan serat-serat otot waktu yang cukup untuk pulih sehingga hasilnya mungkin akan mengecewakan.

Transformasi bentuk tubuh Laurie Shaw setelah push up 200 kali setiap hari selama sebulan.Tangkap layar YouTube Laurie Shaw Transformasi bentuk tubuh Laurie Shaw setelah push up 200 kali setiap hari selama sebulan.

Lalu, seperti apa hasil yang didapatkan Shaw?

Di hari pertama, ia bisa melakukan 30 kali push up sebelum akhirnya butuh istirahat.

"Sebetulnya aku bisa lebih daripada ini jika benar-benar memaksakan diri," ungkapnya. Untuk mendaptakan seluruh 200 repetisi, Shaw membutuhkan waktu 15 menit 11 detik.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.