4 Cara Mencegah Sulit Tidur di Malam Hari

Kompas.com - 06/07/2020, 19:09 WIB
Ilustrasi sulit tidur amenic181Ilustrasi sulit tidur

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, kurang tidur bukanlah masalah besar. Padahal, jika sudah menjadi kebiasaan, kurang tidur berisiko menyebabkan berbagai penyakit.

Kurangnya istirahat yang tepat di malam hari telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, dari diabetes, penyakit jantung, obesitas, depresi hingga kecelakaan kendaraan bermotor.

Kabar baiknya, komunitas medis telah menghabiskan waktu puluhan tahun mencoba memahami tidur, efek, dan manfaatnya.

Baca juga: Sulit Tidur Ternyata Juga Dipengaruhi Pilihan Makanan yang Salah

Para peneliti juga menemukan cara untuk membantu orang cukup tidur dan meningkatkan kualitasnya.

Dilansir Medical Daily, berikut beberapa tips yang hanya membutuhkan sedikit usaha, agar dapat tidur lebih cepat dan lebih baik.

Tips ini dapat diterapkan pada mereka yang lanjut usia, usia dewasa, wanita, pria, dan bahkan remaja.

1. Hindari Ponsel, Tablet, dan Perangkat Elektronik Lainnya

Menggunakan elektronik di malam hari dapat berdampak negatif terhadap kualitas tidur. Itu karena paparan cahaya biru, yang bisa menghambat produksi melatonin, hormon yang mendorong kita untuk tidur.

Ponsel, tablet, laptop, dan bahkan TV dapat membuat orang terkena cahaya biru. Satu studi dari University of Haifa di Israel menemukan, bahwa paparan antara jam 9:00 malam hingga 11:00 malam kemungkinan tidak hanya mengurangi produksi melatonin, tetapi juga mempersingkat waktu tidur dan merusak kualitas tidur.

Menurut Psychology Today, orang harus menghindari penggunaan elektronik 90 menit hingga dua jam sebelum tidur untuk menghindari efek cahaya biru pada tidur.

Baca juga: Sulit Tidur Bisa Jadi karena Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X