Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minimalkan Sentuhan, Hotel di AS Gunakan Robot untuk Layani Tamu

Kompas.com - 07/07/2020, 20:25 WIB
Gading Perkasa,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menghadapi pandemi Covid-19, berbagai hotel dan penginapan di seluruh dunia telah berupaya untuk memberikan yang terbaik kepada para tamu, termasuk dalam hal layanan kamar.

Seperti Hotel Trio yang berada di Healdsburg, California, AS. Hotel ini memiliki cara unik untuk memanjakan tamu yang ingin menikmati segelas wine.

Rose the Robot, kepala pelayan robot di hotel tersebut, akan menawarkan pengalaman tanpa sentuhan atau kontak manusia saat mengantarkan wine ke kamar tamu hotel.

Baca juga: Robot Anjing Boston Dynamics Berkeliling Ingatkan Social Distancing

Robot ini dapat dengan mudah berjalan ke lift dan menemukan kamar tanpa campur tangan manusia sambil memperlihatkan pesan digital, "Saya membawakan pesanan tamu."

Namun, Rose juga dapat mengantarkan makanan ringan, handuk ekstra, perlengkapan mandi, serta apa pun yang kita perlukan selama menginap di Hotel Trio.

Healdsburg, tempat di mana Hotel Trio berada, tidak jauh dari sejumlah pabrik anggur, seperti Dry Creek Vineyard, Flanagan Winery, dan Francis Ford Coppola Winery.

Pada dasarnya, hotel ini memiliki 122 kamar dilengkapi dapur, kolam renang outdoor dengan pemanas, pusat kebugaran dan banyak lagi.

Hotel Trio sudah kembali dibuka, dengan menerapkan sejumlah kebijakan baru untuk menjaga keamanan staf, termasuk masker wajah dan prosedur sanitasi.

Baca juga: Robot Anjing Berikan Hand Sanitizer kepada Pengunjung Mal di Thailand

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com